• 29 April 2024

Penyebab Landak Mini Obesitas

uploads/news/2021/12/penyebab-landak-mini-obesitas-59418aa25f957ca.JPG

“Dia bisa obesitas. Dan obesitasnya ini bisa terjadi karena penggunaan makanannya yang kurang diperhatikan”

Selain kucing, anjing dan ikan hias, kini landak mini banyak dipelihara oleh manusia sebagai hewan peliharaan yang cukup menggemaskan. Hewan yang seluruh tubuhnya dibaluti dengan duri tajam ini aman dipelihara oleh dewasa maupun anak-anak. Durinya tidak berbahaya.

Selain cocok untuk dijadikan teman bermain di rumah, perawatan landak mini mudah dan tidak memerlukan banyak tempat.
Sama seperti manusia, landak mini juga rentan untuk terserang berbagai gangguan kesehatan. Maka, penting bagi Sahabat Tani untuk mengetahui penyakit yang rentan menyerang kesehatan landak mini.

Salah satunya yaitu obesitas. Menurut Kunnadi Harianto, salah satu peternak landak mini dan pemilik Raden Farm, landak mini akan obesitas bila makanannya tidak di perhatikan dengan baik.

“Dia bisa obesitas. Dan obesitasnya ini bisa terjadi karena penggunaan makanannya yang kurang diperhatikan,” Katanya kepada Jagad Tani saat ditemui di Raden Farm yang berlokasi di jalan raya Serpong No.km 88, Pakulonan, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten.

Baca juga: Rahasia Menghilangkan Bau Kandang Landak Mini

Kata pria yang akrab dipanggil Kun itu, untuk menghindari obesitas pada landak mini, Sahabat Tani bisa perhatikan kandungan makanan yang Sahabat Tani berikan.

“Biasanya kalau saya untuk mencegah terjadinya kegemukan dengan mengganti makanan yang digunakan yaitu menggunakan dog food. Kalau pakai cat food bisa saja, cuma harganya lebih mahal dan kandungan proteinnya terlalu tinggi, sehingga bisa menyebabkan kegemukan pada landak. Landak kan pemalas ya, sehabis makan langsung tidur. Jadi makanan yang terlalu berprotein tinggi tidak disarankan," ucap Kun.

Baca juga: Kenali Ciri-Ciri Landak Mini Hamil

Agar kesehatan landak mini tetap terjaga, Sahabat Tani perlu memandikan landak mini, sehingga kesehatan dan kebersihan tubuhnya terjaga. Cara memandikannya, bisa dengan memasukan ember kecil berisi air yang dicampur dengan sabun atau sampo bayi.

Lalu, masukan landak mini ke dalam ember dan tuangkan sampo bayi ke tubuhnya. Gosok perlahan tubuh hewan mungil ini dan bilas tubuh landak mini. Setelah itu, keringkan menggunakan handuk kering yang lembut.

Baca juga: Gemasnya Memelihara Landak Mini

Related News