• 3 May 2024

Memilih Telur Sehat untuk Kue Natal

uploads/news/2021/12/memilih-telur-sehat-untuk-11293ca21b58f30.jpg

“Untuk mengetahui telur dengan kualitas yang bagus, pertama, Sahabat Tani bisa coba merendam telur didalam air...”

Telur menjadi salah satu makanan yang paling banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Harganya murah, terjangkau dan bisa dijadikan beragam jenis hidangan. Telur juga memiliki kandungan gizi yang sangat melimpah sehingga bagus untuk kesehatan dan kecantikan. Selain dijadikan lauk tambahan, telur seringkali dijadikan bahan pembuatan kue.

Natal rasanya tidak lengkap tanpa hidangan-hidangan yang lezat, salah satunya kue. Jika Sahabat Tani akan membuat kue di Hari Natal, perlu menyiapkan bahan-bahan kue yang berkualitas terutama telur. Sahabat Tani perlu tahu nih cara memilih telur yang baik dan berkualitas. Sebab, telur yang sehat tentu juga akan mempengaruhi kesehatan tubuh kita.

Menurut Herdadi, peternak telur di Semplak, Bogor, Sahabat Tani bisa ketahui ciri-ciri telur yang sehat secara fisik maupun isi didalam cangkang. Herdadi memberikan beberapa tips khusus kepada Jagad Tani.

“Untuk mengetahui telur dengan kualitas yang bagus, pertama, Sahabat Tani bisa coba merendam telur didalam air. Telur yang bagus itu, dia akan sepenuhnya terendam sampai bawah. Kalau dia terapung, berarti telur tersebut tidak layak untung dikonsumsi. Apalagi kalau terapugnya sampai keatas,” ungkap Herdadi kepada Jagad Tani saat ditemui di peternakan Cisadane Pradana Farm yang berlokasi di Kampung Parung Jambu, RT.03 RW.12, Semplak, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Jawa Barat.

Baca juga: Arti Simbol Rusa pada Hari Natal

Lebih lanjut, bapak satu anak ini menjelaskan, cara berikutnya Sahabat Tani bisa sorot telur dengan cahaya. Herdadi sendiri biasanya melakukan penerawangan telur dibawah sinar matahari namun Sahabat Tani bisa juga melakukannya di bawah sorot sinar lampu. Jika bagian dalam telur terlihat terang dan jernih, kuning telurnya berada di tengah dan tidak bebas bergerak, maka telur tersebut memiliki kondisi segar.

“Telur kan ada dua sisi, sisi yang tumpul dan sisi yang tajam. Nah, didalam telur itu tepatnya di bagian yang tumpul, Sahabat Tani bisa terawang telurnya apakah memiliki rogga atau tidak. Telur yang bagus itu memiliki rongga dan rongga itu sebagai oksigen. Kalau yang bagus itu, rongganya tidak sampai setengah, hanya di ujungnya saja,” jelas Herdadi.

Selanjutnya, kata Herdadi, cara memilih telur yang berkualitas yaitu Sahabat Tani bisa coba dengan memecahkan telur. Telur yang segar dan masih layak konsumsi memiliki kuning telur yang bulatnya masih sempurna dan yang paling penting lapisan putih disekitar telur kuningnya tebal dan kental.

“Bahkan kalau di lab itu ada pengukur ketebalan dan tinggi kuning telur untuk melihat telur kuning yang bagus. Namun kalau untuk kita, mudahnya bisa lihat dari ketebalan lapisan putih di sekitar lingkaran kuningnya,” tutupnya.

Baca juga: Tradisi Pohon Cemara Meriahkan Perayaan Natal

Baca juga: Tips Memilih Pohon Natal yang Bagus

Related News