• 29 March 2024

Arti Simbol Rusa Pada Hari Natal

uploads/news/2021/12/arti-simbol-rusa-pada-85553789fe3f469.jpg

“Kalau rusa kutub yang itu dia uniknya matanya bisa berubah warna sesuai pada musim apa yang sedang terjadi"

Bagi Sahabat Tani yang beragama kristiani pasti sudah merasakan suasana Natal sejak awal Desember. Bukan hanya dari lagu-lagu Natal yang diputar di berbagai tempat, namun juga dari beberapa ornamen yang sangat khas Natal. Mulai dari pohon Natal sampai diorama sinterklas beserta kereta yang ditarik rusa.

Ornamen-ornamen Natal memang sangat banyak salah satunya rusa Sinterklas yang ditarik menggunakan kereta kencana. Tapi kira-kira Sahabat Tani tahu tidak arti dari simbol rusa tersebut? Mari kita bahas. Sebagai sarana transportasi Sinterklas, ia menggunakan kereta khusus yang ditarik rusa yang bisa terbang. Rusa terbang ini awalnya berjumlah delapan: Dasher, Dancer, Prancer, Vixen, Comet, Cupid, Donder (atau Donner), dan Blitzen.

Baca juga: Penyebab Landak Mini Obesitas

Asal-usul kedelapan nama rusa tersebut pertama kalinya muncul tahun 1823 dalam sebuah puisi karya Clement C Moore yang berjudul "A Visit from St. Nicholas" atau dikenal juga dengan judul "The Night Before Christmas". Belakangan, muncul lagi satu tokoh rusa yang namanya menjadi paling terkenal di antara delapan rusa itu, yaitu Rudolph si hidung merah.

Rudolph berasal dari cerita fiksi karangan Robert L. May yang dibuat tahun 1939. Menurut cerita tersebut, pada suatu malam Natal saat Sinterklas pergi keliling dunia untuk menghantarkan hadiah, perjalanannya terganggu oleh kabut yang tebal.

Suatu ketika ia melihat dari kejauhan sebuah lampu merah yang berkedip-kedip. Setelah didekati ternyata lampu merah itu adalah hidung Rudolph yang menyala. Sejak saat itu Sinterklas meminta Rudolph untuk pergi bersamanya. Rudolph akhirnya menjadi pemimpin delapan rusa lainnya.

Baca juga: Ciri-Ciri Kanguru Saat Ingin Melahirkan

Sementara itu, selain dari cerita tersebut rusa juga salah satu hewan yang unik loh Sahabat Tani. Budi, Keeper kanguru di Taman Safari Indonesia, Cisarua, Bogor. Ia menjelaskan keunikan apa saja yang dimiliki oleh rusa. “Ciri khas rusa paling mudah dikenali adalah antler atau disebut tanduk rusa. Bukan tanduk biasa seperi halnya tanduk domba. Tanduk rusa ini tumbuh dari jaringan hidup berupa tulang padat yang umumnya dimiliki rusa jantan yang setiap tahunnya berganti tanduk. Hal ini karena tanduk rusa merupakan jaringan hidup yang paling cepat tumbuh di muka bumi,” jelasnya.

Rusa kutub merupakan jenis rusa yang tangguh karena hidup di cuaca ekstrem. Rusa kutub memiliki habitat di daerah Arktik dan wilayah dengan musim dingin yang panjang. Hewan ini dapat ditemukan di Amerika bagian utara seperti Alaska, Kana, dan Greenland.

Baca juga: Upaya Menjaga Badak dari Kepunahan

“Kalau rusa kutub yang itu dia uniknya matanya bisa berubah warna sesuai pada musim apa yang sedang terjadi,” ujar Budi. Di habitatnya hewan ini disebut dengan 'caribou'. Mereka juga tinggal di bagian Eropa utara serta Asia utara di habitat tindra, pegunungan dan hutan. Daerah tempat mereka tinggal cukup besar, yang mencakup luas wilayah hingga 190 mil persegi (500 km persegi).

Related News