• 16 June 2024

Upaya Menjaga Badak dari Kepunahan

"Upaya yang kita lakukan untuk tetap menjaga kelestarian badak ini adalah dengan cara breeding yaitu pada saat musim kawin kita coba kawinkan dan sudah banyak yang berhasil.."

Spesies badak diyakini telah ada di muka bumi sejak 65 juta tahun yang lalu, dengan nenek moyangnya yang disebut Hyrachius Primitive Rhinoceros. Pada masa itu, diperkirakan terdapat 30 jenis badak di dunia. Pada saat ini hanya lima jenis badak hidup di dunia dan dua spesies diantaranya ada di Indonesia yaitu badak sumatera dan badak jawa yang sama-sama terancam punah. Dan Indonesia merupakan satu satunya harapan dunia untuk pelestarian badak jawa yang masuk ke dalam daftar satwa langka yang dilindungi.

Upaya konservasi badak yang terancam punah pun terus dilakukan seperti pendekatan melalui keagamaan, pemberdayaan masyarakat, serta merawat kelestarian lingkungan agar satwa langka tersebut dapat bertahan hidup. Salah satu yang melakukan upaya untuk tetap menambah populasi badak adalah Taman Safari Indonesia Cisarua, Bogor.

Baca juga: Keunikan Kudanil, Keringatnya Berwarna Merah

“Upaya yang kita lakukan untuk tetap menjaga kelestarian badak ini adalah dengan cara breeding yaitu pada saat musim kawin kita coba kawinkan dan sudah banyak yang berhasil,” Kata Aldy, Salah satu pengelola TSI Cisarua, Bogor.

Apa yang dikatakan Aldy pun benar, pada awal tahun 2021 Safari Indonesia atau TSI di Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat membagikan kabar bahagia. Kabar bahagia tersebut adalah bertambahnya anggota baru yakni bayi Badak Putih atau Ceratotherium simum.

Baca juga: Mengenal Serval, Kucing Para Artis

Meskipun, upaya terus dilakukan namun terdapat berbagai tantangan ke depan. Misalnya masih kurangnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga dan melestarikan satwa langka serta menjaga lingkungan.

“Kita kan selain Safari juga berperan sebagai balai konservasi yang membantu pemerintah untuk menjaga populasi hewan-hewan langka seperti badak ini nah mereka kan ada siklus kawinnya nah itu upaya kita disitu,” tambahnya.

Aldy juga mengungkapkan untuk breeding badak ini cukup lumayan sulit, sebab musim kawin pada badak hanya datang dua tahun sekali. “Kalau untuk badak ini dua tahun sekali makanya susah, saat ini ada 30 ekor. Nah ini kalau pengunjung melihat ada badak yang dipisah biasanya itu badak betina yang lagi birahi jadi kita pisahkan dulu sambil cari pasangannya,” tutupnya.

Baca juga: Fakta Unik Panda di Musim Kawin

Related News