• 29 April 2024

Memilih Ikan Mas Koki Untuk Kontes

Mulai dari warna warni hingga wujud yang menggemaskan, Ikan Mas Koki masih tetap menjadi primadona tersendiri. Perkembangannya ikan Mas Koki cukup pesat, termasuk di Indonesia. Dengan menghasilkan jenis yang makin variatif, mulai dari bentuk unik hingga ciri tertentu dari hasil perkawinan silang. Namun sebenarnya, bagaimana bentuk ikan Mas Koki yang proposional demi mengincar nilai saat ikuti kontes.

“Pada dasarnya, penilaian dari bentuk ikan Mas Koki dalam kontes yang dilihat dari berbagai aspek. Mulai dari bagian kepala, proposi badan, ekor hingga bagian mata. Seluruh bagian ini yang akan diperhatikan dalam kontes ikan Mas Koki,” ungkap Gilang – peternak ikan Mas Koki.

Tentu saja, setiap jenis ikan Mas Koki memiliki karakter berbeda. Apalagi, saat ini terdapat lebih dari 30 jenis ikan Mas Koki yang tersedia di pasar. Dengan cukup beragam sehingga makin membingungkan dalam memilih ikan Mas Koki. Tetapi tentu ada sedikit panduan yang dapat dijadikan patokan, seperti yang pernah dijelaskan oleh Gilang.

Untuk saat ini, Gilang memberikan contoh melalui dua jenis ikan Mas Koki yakni Demekin dan Ranchu. Alasannya tentu karena Gilang cukup fokus dalam berternak kedua jenis Ikan Mas Koki tersebut.

Ikan Mas Koki Demekin merupakan hasil perkawian silang dari jenis Ryukin dan Telescope. Untuk bentuk yang proposional dari ikan Mas Demekin dapat dilihat dari bodi yang bulat seperti koin. Bagian mata pun wajib besar, sebisa mungkin dapat menutupi wajah Ikan Mas Koki jenis Demekin. Namun ukuran kedua mata wajib berukuran seimbang.

Baca juga: Mas Koki yang Bikin Demen

Sedangkan ikan Mas Koki Ranchu yang kerap dianggap ‘Rajanya’ ikan Mas di Jepang merupakan hasil percobaan perkawinan silang dari spesies LionHead China. Ikan Mas Koki Ranchu memiliki bentuk yang bulat dengan bodi seperti kurva atau selayaknya pelangi. “Jadi bodi dari mas Koki jenis Ranchu tidak boleh ada tonjolan atau cekungan. Untuk bagian kepala tidak boleh bergondok, berjambul boleh saja tetapi tidak terlalu over. Ekor pun harus tegak dengan proposi badan dari mata hingga kepangkal wajib sejajar. “

Tetapi hal yang wajib diperhatikan dalam memilih ikan Mas Koki yaitu bagian sirip. Sebisa mungkin sirip berbentuk rapi, tidak ada lipatan atau bengkok. Posisi mata ikan Mas Koki juga wajib sejajar karena jika mata berada di atas pangkal maka gerakan renang menjadi nungging, begitu pula sebaliknya.

Untuk bagian ekor dari ikan Mas Koki wajib tegak atau jika dilihat dari belakang ekor berbentuk segitiga sama kaki. Apabila ekor berbentuk terlalu lebar maka gerakan renang dari ikan akan terlihat kurang menarik.

Setelah mendapatkan bentuk ikan Mas Koki yang diinginkan, langkah selanjutnya harus memastikan kondisi kesehatan ikan. Cara termudah mengetahui kesehatan ikan dengan melihat gerakan hingga nafsu makan. Jika ikan hanya berdiam diri, dapat dipastikan ikan terkena penyakit. Jika ikan pilihan anda terkena penyakit, tentu sangat berbahaya bagi ikan lainnya. Lebih baik mengganti dengan yang berbeda.

Baca juga: Penyakit ikan Mas Koki

Dengan ikan Mas Koki hasil pilihan, tentu anda dapat melanjutkan dengan perawatan di rumah. Ingat ikan membutuhkan ruang dan kadar oksigen yang cukup tinggi. Bila mengindahkan hal tersebut maka pertumbuhan akan menjadi dampaknya. Bagaimana, mulai mendapatkan ikan Mas Koki idaman?

Related News