• 27 April 2024

7 Jenis Bebek Potong Menguntungkan Diternak

Tekstur daging bebek dan rasa yang gurih memang lebih menggoda selera makan, banderol harga pun tidak berbeda jauh dengan daging ayam potong. Hal ini membuat banyak peternak unggas mulai melirik untuk berternak bebek demi mengimbangi permintaan pasar dan sekaligus meraup cuan. Berternak bebek memang sangat menjanjikan, terlebih banyak cara yang telah sukses dijalani.

Namun sebelum mencoba berternak bebek, Sahabat Tani wajib mengetahui beberapa hal. Termasuk memahami jenis bebek yang akan dijadikan ternak.

Baca juga: Rahasia sukses ternak bebek

Pada dasarnya bebek terbagi dalam kategori bebek petelur dan bebek pedaging / potong atau bebek yang dapat dikonsumsi. Namun khusus bebek potong sendiri masih terbagi dalam 7 jenis yang paling sering dibudidayakan oleh peternak bebek.

1. Bebek Hibrida

Bebek jenis Hibrida menjadi primadona bagi peternak bebek karena memiliki keunggulan dalam masa panen. Waktu pertumbuhan Bebek hibrida cukup cepat sehingga dalam 42 hari dapat dipanen. Bebe hybrid merupakan perkawinan silang antara Bebek lokal dan Bebek Peking. Hasilnya daging Bebek Hibrida memiliki tekstur lebih unggul.

Bebek Hibrida juga masih terbagi dalam tiga jenis yang disesuaikan dari ukuran panjang leher. Jika yang paling panjang diperkirakan masuk dalam jenis lokal. Hal ini sesuai dengan penjelasan dari Muhammad Syaugi, salah satu peternak bebek, “Terdapat 3 jenis bibit bebek hibrida yang bisa dilihat dari panjang lehernya. Bila bebek hibrida yang lehernya lebih panjang ini cenderung jenis lokal.”

2. Bebek Peking

Bebek Peking yang berasal dari China, termasuk jenis paling sering ditemui di peternakan bebek. Bebek dengan ciri fisik berwarna putih mulai didatangkan ke Amerika Serikat pada 1870 dan mulai popular. Nyaris memiliki kemampuan dalam tumbuh kembang yang baik, Bebek Peking mumbutuhkan masa panen selama 2 – 3 bulan. Bobot Bebek Peking ketika dipanen mencapai 2,5-3,5 kg.

3. Bebek Albio

Jenis bebek ini berasal dari daerah di Kabupaten hulu sungai utara Kalimantan Selatan. Bebek Albio merupakan hasil dari perkawinan silang antara bebek Kalimantan dengan bebek Peking. Bebek Albio selain sering dijadikan bebek petelur, juga memiliki keunggulan pada rasa dagingnya. Hal ini membuat Bebek Albio dapat dijadikan salah satu pilihan bagi peternak bebek.

Tidak seperti jenis bebek lainnya yang nyaris serupa antara jantan dan betina, khusus bebek Albio terdapat perbedaan. Bebek Albio jantan memiliki bulu berwarna coklat gelap, sedangkan bebek alabio betina berwarna coklat kuning.

4. Bebek Magelang

Seperti halnya bebek Albio, Bebek Magelang atau bebek kalung juga dapat menghasilkan telur. Namun dengan ukuran berat mencapai 1,9 kg/ekor membuat bebek ini dapat digunakan sebagai bebek potong. Masa panen sebagai bebek potong hanya berkisar 8 minggu atau 60 hari, cukup ideal untuk berternak. Bebek Kalung atau Bebek Magelang ini berasal dari daerah Secang Jawa Tengah.

5. Bebek Bali

Bebek Bali atau bebek pinguin karena hampir memiliki kesamaan ketika berjalan, bebek ini memiliki keunikan pada jambul di bagian kepalanya. Keunggulan dari Bebek Bali saat diternak adalah kemampuannya dalam beradaptasi. Dengan berpindah lokasi, Bebek Bali tidak mudah stress dan langsung dapat menyesuaikan.

6. Bebek Raja

Bebek Raja hasil perkawinan silang antara bebek jenis Alabio dengan bebek Mojosari. Keunggulan Bebek Raja sebagai bebek potong dikarenakan masa pertumbuhannya cukup cepat. Daging dari Bebek Raja juga lebih tebal sehingga menjadi pilihan bagus untuk dikonsumsi.

7. Bebek Rambon

Bebek Albio memang kerap dijadikan indukan dalam perkawinan silang. Hasilnya terlihat dari Bebek Rambon yang hasil kawin silang Bebek Cirebon dan Albio. Daging bebek Rambon terkenal dengan tekstur dan rasa yang enak.

Baca juga: Jenis Bebek yang cepat panen

Dari 7 jenis bebek potong, rasanya setiap jenis memiliki keunggulan tersendiri. Bukan hanya tekstur daging yang dihasilkan, tetapi juga keistimewaan rasa daging bebek tersebut. Namun Sahabat Tani tentu harus memastikan berbagai hal agar mendapatkan hasil maksimal selama berternak bebek potong.

Related News