• 25 April 2024

Pentingnya Vitamin untuk Aglaonema

"Penggunaan Vitamin tetap ikuti aturan, vitamin B1 dipakai 1 minggu sekali, untuk pupuknya 3 atau 4 bulan sekali, dan penyiramannya 3 hari sekali, kalau terlalu sering jadi sakit"

Sahabat Tani, sejak kecil kita sudah diajarkan untuk mencegah diri kita dari sakit, dengan cara makan makanan yang bergizi dan tidak lupa untuk minum vitamin. Hal itu kita lakukan agar tubuh kita menjadi sehat dan kuat. Sama halnya dengan tanaman.

Tanaman juga merupakan makhluk hidup seperti manusia, ia harus mengkonsumsi makanan yang bergizi, dan juga membutuhkan vitamin. Tidak bisa dipungkiri lagi, sedih rasanya jika kita melihat tanaman kesayangan kita sakit, tidak sehat dan tidak subur. Menyiramnya dengan rutin bukanlah menjadi solusi untuk mengatasi penyakit pada tanaman loh, salah satunya tanaman Aglaonema.

Seperti namanya, 'Ratu Daun' merawatnya pun tidak boleh sembarangan. Aglaonema harus diperlakukan atau dirawat dengan cara yang special.

"Dia termasuk special secara perawatannya," Kata Kamal saat ditemui di Kembangan, Jakarta Barat.

Baca juga: Aglaonema Kembali Naik Daun

Perawatan Agalaonema berupa pemberian pupuk dan vitamin perlu kita perhatikan. Jangan sembarang dalam pemberian pupuk. Karena tanaman memiliki pupuk dan vitamin tertentu untuk kesehatan dan pertumbuhan sesuai dengan jenisnya. Kamal menyebutkan Vitamin dan Pupuk yang kerap ia gunakan dalam merawat Aglaonemanya.

"Untuk Vitamin, vitamin B1 sedangkan pupuknya yang slow release dekastar," ujarnya.

Untuk pemberian pupuk dilakukan sebanyak 3 atau 4 bulan sekali, dan vitamin sebanyak 1 kali seminggu. Aglaonema akan terserang penyakit jika terlalu sering disiram.

"Vitamin B1 dipakai 1 minggu sekali, untuk pupuknya 3 atau 4 bulan sekali, dan penyiramannya 3 hari sekali, kalau terlalu sering jadi sakit," ujarnya.

Baca juga: 5 Penyakit yang Sering Menyerang Aglaonema

Kamal juga menjelaskan selain memperhatikan secara asupan, merawat Aglaonema juga harus memperhatikan ruang penyimpanan. Tanaman hias Aglaonema harus di tempat yang teduh. Jika ingin di letakkan di luar ruangan, maka Aglaonema tidak bisa terkena panas matahari secara langsung,

"Jangan terlalu panas, harus di tempat yang teduh,Agar tidak terkena matahari secara langsung, seperti kita ini pakainya paranet, atau pakai fiber agar tidak terkena hujan," katanya

Kamal membagi tips agar tanaman Aglaonema tetap sehat dan cantik walau di letakkan di luar ruangan. Dengan cara, menggunakan paranet dan fiber.

"Sebenarnya bisa saja jika tidak pakai viber akan tetapi untuk saat musim hujan yang hampir setiap hari seperti ini, nanti bisa menimbulkan penyakit pada tanaman Aglaonemanya," jelasnya.

Baca juga: Cara Merawat Si Cantik, Red Anjamani

Related News