• 21 July 2024

PT KALOG Berikan Diskon Bagi Petani

uploads/news/2022/01/pt-kalog-298115b47aca871.jpg

PT KALOG sebagai anak perusahaan dari PT Kereta Api Indonesia (persero) semakin melebarkan sayapnya untuk mendukung para petani di seluruh Indonesia. Untuk saat ini, layanan logistik dari PT KALOG (PT Kereta Api Logistik) telah menjangkau Pulau Jawa, Bali, Sumatera dan rencananya akan memperluas hingga Sulawesi dan Kalimantan untuk layanan KALOG Express.

Dalam hal mendukung para petani, pada Agustus 2021 telah terdapat Nota Kesepakatan antara Pemerintah Daerah Kabupaten Garut dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI dan PT Kereta Api Logistik tentang Kerjasama Pengiriman Barang Hasil Pertanian dan Produk UMKM menggunakan Moda Kereta Api dan Moda Pendukung Lainnya di Kabupaten Garut.

Pada dasarnya, PT KALOG hadir untuk memenuhi kebutuhan distribusi logistik yang berbasis kereta api dengan kemasan bisnis door to door service. Langkah yang sangat dibutuhkan untuk para petani, terlebih jasa layanan yang diberikan tidak hanya angkutan barang tetapi juga gudang untuk penyimpanan sementara.

Baca juga: Cara aman kirim lobster

PT KALOG melalui Army Hani sebagai Vice President Courier & Logistics – mengatakan bahwa dukungan bagi para petani untuk mengirimkan hasil pertanian tidak hanya terbatas dari daerah Garut saja. Seluruh petani dapat memperoleh harga diskon dalam mengirimkan hasil pertanian ke seluruh daerah di Indonesia.

“Bagi para petani yang menggunakan jasa KALOG untuk pengiriman hasil panen, kami memastikan akan memberikan harga khusus. Ini langkah untuk membantu petani agar dapat mengirimkan langsung ke pembeli dan sekaligus memotong biaya pengirim,” ungkap Army Hani - VP Courier & Logistics.

Memang jarak yang menjadi kendala antara daerah perkebunan ke stasiun karena kawasan perkebunan cukup jauh dari stasiun maupun outlet dari PT KALOG. Untuk menyikapi hal ini telah ada solusi yang disediakan oleh PT KALOG agar tetap dapat membantu petani. “Ada sistem pick-up dari Kalog untuk mengangkut hasil tani, sebagai contoh saat kami berada di Garut harus mengangkut dari Cikajang ke Leles. Padahal di Cikajang sebenarnya ada stasiun tetapi telah lama tidak digunakan. Butuh peranan seluruh pihak terkait agar dapat menjadi perhatian dalam mendukung pertanian di daerah terpencil.”

Dalam pengiriman hasil panen, PT KALOG tidak mengkhususkan pada komoditi di bidang hortikultura saja. Ikan hias hingga ikan konsumsi dapat dikirimkan ke daerah lain di pulau Jawa mengunakan kereta api. Namun tentunya harus memperhatikan pengemasan agar tidak rusak ditengah jalan.

“Sebenarnya para petani atau peternak ikan telah mengetahui cara mengemas yang tepat. Namun sebisa mungkin, menggunakan plastik yang tebal. Apalagi bila mengirimkan ikan dengan sirip tajam. Untuk memastikan pengiriman ikan agar oksigen tetap terjaga, di beberapa stasiun kami telah menyiapkan tabung oksigen.”

PT KALOG pun dipastikan juga menyediakan jasa pengiriman untuk hewan peliharaan dan tanaman dengan syarat-syarat tertentu, atau minimal bukan hewan maupun tanaman yang dilindungi. Untuk pengiriman ini masih terbatas di pulau Jawa saja. Sedangkan pengiriman keluar pulau Jawa, pihak PT KALOG tetap mematuhi regulasi dari pihak terkait.

Dengan mengunakan jasa PT KALOG, hewan peliharaan dan ikan hidup dipastikan mendapatkan perhatian khusus. Akan ada petugas yang selalu melihat kondisi hewan peliharaan, jika makanan atau minuman habis maka harus segera diberikan tambahan. Namun makanan wajib disediakan oleh sang pemilik.

“Jika terjadi kebocoran, maka petugas akan menghubungi stasiun selanjutkan untuk mempersiapkan penanganan. Seandainya harus membutuhkan waktu penanganan, maka ikan tersebut harus diturunkan dan baru dapat diberangkatkan menggunakan kereta api selanjutnya. Penanganan ini bertujuan untuk menjaga barang kiriman lainnya. Air tentunya dapat merusak produk lainnya.”

Baca juga: Cara aman mengirim ikan Cupang

Jangkauan dari KALOG Express yang hadir di pulau Jawa dan Bali, kini telah berjumlah 79 outlet. Sementara untuk terminal kereta api barang berada di Jakarta, Karawang, Semarang dan Surabaya. Untuk langkah selanjutnya, pihak PT KALOG sedangkan menyiapkan aplikasi khusus agar mempermudah bagi para petani karena saat ini masih melalu website milik PT KALOG.

"Intinya PT KALOG sangat mendukung para petani untuk meningkatkan taraf hidup dengan membantu dalam mempermudah proses pengiriman. Dengan biaya yang lebih murah, tentunya pendapatan dapat meningkat."

Related News