• 19 April 2024

Jangan Tertukar Antara Serama dan Kate

Ayam serama juga lebih dikenal dengan dada nya yang busung maka dari itu kerap kali ayam ini disebut ayam sombong

Ayam kate dan ayam serama adalah ayam hias yang banyak dipelihara di Indonesia. Awalnya, ayam kate sudah dikenal banyak orang sehingga populasinya sangat banyak. Kemudian ada ayam serama yang memiliki badan dan ekor mirip dengan ayam kate namun berbeda disisi dada dan ukuran tubuhnya

Ayam serama berasal dari Negeri Jiran, Malaysia. Di Indonesia, masyarakat mulai mengenal ayam serama pada tahun 2000-an. Asal kata “serama” adalah dari kata “sri” dan “rama” yang memiliki arti ksatria anggun yang gagah berani. Keunikan ayam serama ini bisa membusungkan dada dan kepalanya tegak ke belakang hampir menyentuh ekornya.

Baca juga: Sejarah Ayam Serama, Ayam Silang Asal Malaysia

Ayam serama juga bisa menegakkan ekornya 90 derajat. Ketika ayam ini unjuk kebolehan, sayapnya akan luruh ke bawah. Warna bulu serama terang dan tidak kusam, kebanyakan hitam atau merah. Ditambah gaya atraktif membuatnya semakin cantik.

“Perbedaannya sebenarnya memang lumayan sulit kalau bagi yang belum terbiasa, kalau ayam serama tubuhnya cenderung lebih kecil, agak tegap dan leher selam ke bawah dada,” jelas Thama, peternak ayam serama sal Rancamaya, Bogor.

Ayam serama juga lebih dikenal dengan dada nya yang busung maka dari itu kerap kali ayam ini disebut ayam sombong.

“Aksesoris ayam ini juga lebih kecil seperti jengger, bulu ekor, dan sayap. Yang paling signifikan ada serama ini bisa bergaya diatas meja dengan menyombongan busungnya,” tambah Thama.

Baca juga: Memilih Ayam Serama Calon Juara

Untuk harga jual saat ini serama kontes bisa dibanderol seharga 2-25 juta. Pakan serama pur, beras merah, jagung menir, millet, jangkrik. Umur serama bisa sampai 3-7 tahun tergantung perawatannya.

Related News