• 28 March 2024

Mengenal Jenis dan Karakter Hamster

uploads/news/2022/02/hamster-94652725835c907.jpg

Sahabat Tani, Hamster umumnya disukai oleh semua kalangan karena bentuknya yang lucu dan menggemaskan serta mudah dibawa kemana saja. Hamster termasuk kategori hewan pengerat yang banyak diternak dan dijual dengan banyak sekali jenis hamster dengan ukuran, karakter, bentuk dan warna yang berbeda.

Untuk mengetahui berbagai jenis Hamster yang dapat dipelihara, simak penjelasan dari Eka, pemilik toko Om Hamster, Kembangan – Jakarta Barat. Pria berusia 29 tahun ini mengatakan sejak masih duduk di bangku SMP telah menyukai hewan pengerat ini. Hamster yang dimiliki diambil langsung dari daerah Lembang, Bandung - Jawa Barat. 

Baca juga: Memelihara kadal gurun Australia

Untuk saat ini, Eka menjual beberapa jenis Hamster seperti Winter White, Campbell, Syrian dan Roborovski. Untuk jenis Syrian terbagi menjadi beberapa varian yaitu Syrian Short Hair, Long Hair dan Satin. Winter White juga terbagi menjadi lima varian yang dijual yaitu Argente, Tiger, Saphire, Pearl, Golden.

Hamster yang cukup diminati pada saat ini yaitu Winter White dan Syrian karena pilihan warnanya lebih beragam, coraknya banyak, lebih jinak mudah untuk dipegang, perawatannya lebih mudah, tidak mudah menggigit, kalau untuk jenis Campbell harganya lebih terjangkau dari cara perawatan juga sama dengan jenis lainnya tetapi lebih agresif kalau dipegang manusia suka menggigit selain itu Roborovski juga tidak mau dipegang manusia sama sekali sehingga tidak disarankan untuk pemula.

“Kalau untuk saat ini lebih ke Winter White sih karena dia lebih banyak warnanya, dia juga tipe-tipe yang lebih jinak gampang dipegang, lebih awet juga. Tergantung tingkatan awalnya kalau misalkan pemula lebih disaranin kaya yang jenis-jenis Winter White sama Syrian karena lebih gampang dipegang, perawatannya sederhana dan nggak gampang gigit lah. Kecuali kalau yang jenis Campbell, dia lebih murah sih harganya dari perawatan juga hampir sama Cuma dia lebih agresif aja sih kalau dipegang suka gigit. Jadi kalau buat pemula tuh nggak bisa. Kalau Roborovski lebih nggak mau dipegang sama sekali sih,” ungkap Eka pemilik toko Om Hamster.

Perbedaan jenis hamster juga menggambarkan perbedaan karakter jadi untuk satu jenis hamster dengan jenis lainnya tidak disarankan untuk di dalam satu kandang. Hal ini bisa menyebabkan Hamster akan saling serang dan menyebabkan kematian.

“Sebenarnya kalau masih kecil bisa disatuin, cuma takutnya nanti kalau sudah gede dia harus kawin terus udah gitu sebenarnya Hamster itu beda jenis beda sifat, ya beda karakter gitu. Kaya Winter White dia lebih butuh temen buat bercanda-bercanda, kalau Syrian dia lebih menyendiri aja lebih bagus satu hamster satu kandang. Jadi tuh kalau disaranin hamster tuh satu jenis satu kandang nggak bisa digabung, jangan disatuin rawan banget soalnya,” ujar Eka.

Baca juga: Masalah kesehatan yang sering menyerang kucing

Eka memberi harga murah untuk jenis Campbell sekitar 10-15ribu, jenis paling mahal yaitu Syrian tetapi tergantung bentuk coraknya kalau varian seperti Fujiayama harganya bisa mencapai 50-120ribu karena coraknya yang unik dan langka. Kalau jenis Syrian varian biasa yang dijual Eka kisaran harga 20-30ribu saja.

Jadi gimana Sahabat Tani? Sudah tahu kan jenis hamster yang bagus untuk dipelihara, yuk pelihara hewan menggemaskan satu ini.

Related News