• 27 April 2024

Cara Unik Menikmati Buah Kecapi

uploads/news/2022/03/cara-unik-membuka-buah-24047aadfd8d7f2.jpg

Sahabat Tani, setelah kalian mengetahui cara membedakan buah kecapi yang matang dan busuk, ternyata ada juga cara unik untuk membelah buah satu ini. Mungkin bagi para pecinta buah kecapi sudah tidak asing lagi dengan cara ini.

Menurut pengalaman Tani sebagai penjual buah kecapi, membuka kulit buah kecapi ini memang agak sulit. hal ini disebabkan oleh teksturnya sangat tebal dan keras. Biasanya menggunakan pisau dapur, potong dibagian tengahnya maka buah kecapi akan terbelah menjadi dua, lalu langsung terlihat bagian dagingnya yang mirip seperti manggis.

Baca juga: Cara mudah membedakan buah kecapi matang atau busuk 


"Cara mudah memang dengan bantuan pisau, tetapi kalau sudah terbiasa, bagian tengah kecapinya ditekan lalu buka dengan kedua jari jempol," ungkap Tani.


Cara memakan buah ini juga cukup mudah karena dagingnya yang tipis dan bijinya yang besar. Cukup menghisap sari-sari dagingnya saja, maka akan terasa asam, manis dan segar untuk disantap.
“Bijinya besar-besar, jadi kalau mau dimakan itu cukup dihisap saja maka air didalam dagingnya akan keluar dan terasa asam manis,” kata penjual buah kecapi.


Ada cara unik yang sudah diterapkan sejak dulu oleh para pecinta buah kecapi ini. Selipkan buah kecapi diengsel pintu, lalu jepit hingga kecapinya retak dan terbelah.  Cara membuka buah kecapi ini sudah menjadi salah satu ciri khas. Tetapi ada juga yang menikmati buah kecapi sampai kekulitnya, biasanya dijadikan sebagai "rujak kecapi" dan ditemani oleh sambal gula merah. Buah ini juga bisa dijadikan sebagai manisan.


"Kulitnya bagian dalamnya bisa dimakan, jadi dikupas dulu bagian luarnya menggunakan pisau. Bisa dijadikan sebagai rujak juga bagi yang menyukai pedas, atau sekedar ditaburi garam agar lebih nikmat,” tambah Tani.

Terdapat kandungan vitamin C pada buah kecapi. Maka dari itu, memakan buah kecapi juga bagus untuk menjaga, serta meningkatkan daya tahan tubuh manusia agar lebih sehat.

Baca juga: Ini para peminat buah kecapi

Buah kecapi ini memiliki getah, jadi harus segera dimakan setelah dibuka karena kalau dibiarkan, secara perlahan daging buahnya akan berubah menjadi warna kecokelatan. “Kecapi banyak manfaatnya, satu pohon itu ada manfaatnya semua. Lebih bagus, setelah dibuka langsung dimakan. Kalau tidak nanti daging yang berwarna putih itu akan berubah jadi warna cokelat,” tutupnya.


Jadi, apakah Sahabat Tani berminat untuk mencoba membuka buah kecapi memakai engsel pintu ?

Related News