• 25 April 2024

Soa Layar, Reptil Purba Endemik Indonesia

“Soa Layar ini penyebarannya luas, ada di Sulawesi, Sumatera, Ambon, Kalimantan, bahkan sampai Filiphina. Tapi yang saat ini kita punya berasal dari Sumatera,


Dinosaurus memang sudah punah sekitar 66 juta tahun yang lalu. Walau dinyatakan punah, saat ini masih ada dinosaurus yang hidup. Bahkan hewan tersebut dapat dipelihara di rumah. Terdengar seram, bukan? Tapi Sahabat Tani tenang saja, hewan yang dimaksud bukanlah Dinosaurus asli, melainkan Soa Layar.

 

Jadi Sahabat Tani yang perlu diketahui, Reptil berkaki empat ini sering dikatakan sebagai Dinosaurus hidup  Soa Layar. Dengan memiliki nama ilmiah Hydrosaurus Weberi, Soa Layar memiliki wujud yang hampir menyerupai Kadal dan Iguana.

Baca juga: Mengenal Super Red, Reptil vegetarian

Berbeda dengan Kadal dari Mexico dan Iguana Amerika Selatan, Soa Layar ini berasal dari Indonesia. Perkembangan Soa Layar sangat luas. Bahkan penyebarannya sudah keluar Indonesia dan sampai ke Negara tetangga. Hebat yaa Sahabat Tani. Namun yang harus dipahami, Soa Layar sebagai reptil purba endemik Indonesia membuat kita wajib menjaganya.

“Soa Layar ini penyebarannya luas, ada di Sulawesi, Sumatera, Ambon, Kalimantan, bahkan sampai Filiphina. Tapi yang kita punya ini dari Sumatra,” kata Wisnu pemilik Soa Layar.

Soa Layar merupakan hewan air yang suka berenang dan memanjat. Di alam, Soa Layar hidup di aliran sungai, muara, dan Mangrove. Hal ini membuat Soa Layar yang habitatnya dipindahkan ke dalam rumah atau sengaja dipelihara, maka kandangnya harus menyerupai alam aslinya. Ingat Sahabat Tani, Soa Layar membutuhkan tempat seperti habitat aslinya.

“Kandang untuk Soal Layar sendiri boleh dari besi, asal tidak sempit. Ukuran kandang harus dua sampai tiga kali dari tubuhnya karena Soa Layar ini senang berlari. Selain ukuran kandang, sebagai hewan yang gemar hidup di air sehingga di dalam kandang juga wajib terdapat kolam untuk merendam dan tangkringan saat berjemur,” jelasnya.

Bagi Sahabat Tani yang ingin memelihara Soa Layar di rumah, perawatannya terbilang cukup mudah dan sama dengan Iguana. Paling terpenting yaitu menjaga kebersihan tubuh Soa Layarnya sendiri.

“Kalau bisa mandiin setiap hari agar lebih bagus. Pake shampo khusus reptil juga dapat digunakan atau hanya pakai spons sama air, setelah dimandikan jangan lupa dijemur deh. Pokonya cara merawat Soa Layar sama kaya iguana, termasuk pemberian pakan,” ujarnya.

Baca juga: Langkah mudah merawat Sugar Glider

Untuk pakan, pada dasarnya Soa Layar merupakan hewan Omnivora sehingga pemakan tumbuh-tumbuhan, buah-buahan, dan juga daging. “Biasanya makannya bisa Pisang, Pepaya, juga daging ayam,” Tutupnya.

Related News