• 29 April 2024

Cara Mudah Membedakan Jenis kelamin Tarantula

Tarantula yang mulai banyak dijadikan hewan peliharaan, tentu harus diimbangi oleh jumlah populasinya. Langkah awal tentu dengan membudidaya agar kelangsungan hewan eksotis yang masuk dalam keluarga laba-laba tetap dapat terjaga. Tentunya dalam proses perkawinan membutuhkan jantan dan betina, lalu bagaimana membedakannya?

Bagi mereka yang telah memahami seluk-beluk hingga karakter Tarantula, tentu cukup mudah membedakan jenis kelaminnya. Berbeda dengan Sahabat Tani yang baru ingin menekuni hobi memelihara hewan ini. Untuk lebih mengetahui cara membedakan jenis kelamin pada tarantulla, Njup sebagai penghobi sekaligus penjual laba-laba Tarantula akan berbagi informasi.

Baca juga: Mengenal Jenis Tarantula yang layak dipelihara pemula

"Perbedaannya dari fisik yang secara langsung sebenarnya dapat dilihat. Tetapi untuk mengetahui letak alat reproduksi jantan dan betina yang tidak bisa terlihat, harus menggunakan alat bantu," ujarnya

Pada Tarantula jenis kelamin jantan dewasa akan berbeda dengan ciri fisik betina. Secara fisik, jantan akan muncul sepasang kaki depan yang biasa disebut Tibial Hook, selain itu memiliki delapan kaki panjang dan tubuh lebih kurus atau ramping.

Baca Juga: Mengintip proses unik perkawinan Tarantula

Tibial Hook mempunyai fungsi sendiri untuk menahan mulut betina saat perkawinan agar tarantula betina tidak memangsa tarantula jantan. Dan pada saat berlangsungnya perkawinan, pedipalp pada jantan akan berubah menjadi pendek dan tumpul untuk menaruh sperma pada betina.

pada umumnya, perilaku tarantula betina yang memangsa jantan bertujuan agar dapat memberikan gizi terbaik kepada telur-telur tarantula. Indukan betina memastikan agar generasi pada telur tersebut mempunyai kesempatan hidup yang lebih baik. Namun, hal ini dapat merugikan para penjual atau pembudidaya tarantula.

"Warna tubuh pada jantan lebih gelap dari pada betina. Seperti spesies Bluefang pada jantan warnanya coklat lebih gelap, sedangkan betina hijau kekuningan agak lebih terang dibandingkan dengan jantan," tegasnya

Pada jenis kelamin betina dewasa memiliki tubuh dan kaki yang lebih besar dari jantan. Betina memiliki tempat untuk menaruh sperma dari tarantula jantan, posisi ini berbentuk lipatan yang berada di sekitar abdomen.

Terdapat nama lain mengenai sebutan pada letak tarantula betina, seperti Epigastric furrow adalah bukaan lipatan penampung sperma, sedangkan tempat menampung sperma biasa disebut spermathecae.

Ciri lain untuk membedakan tarantula adalah terdapat lipatan pada bagian bawah adalah betina, sedangkan jika tidak ada lipatan pada bagian bawah adalah jantan. Hal ini yang dapat dibedakan dari tarantula, namun jika dilihat secara langsung tidak terlihat jelas harus dengan alat bantuan khusus.

"Cara mudahnya bisa dilihat pas dia ganti kulit yang biasa disebut kulit molt. Usahan saat ganti kulit jangan langsung dibuang. Diamati terlebih dahulu kalau kita ingin tahu jantan atau betina," tutupnya

Bagaimana Sahabat Tani? Sudah tahu cara membedakan tarantula jantan dan betina

Related News