• 26 April 2024

Perbedaan Panen Kecapi di Dua Musim

uploads/news/2022/03/musim-buah-kecapi-hujan-88251b23d096406.jpg

Sahabat Tani, sebagai masyarakat Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah musim buah. Tentunya tidak lepas dari geografis Indonesia yang berada di negara tropis sehingga memiliki keanekaragaman yang berlimpah. Salah satu hasil alam yang dapat dinikmati dengan mudah yaitu buah-buahan. Selain itu, Indonesia memiliki musim buah secara bergantian di sepanjang tahunnya.

Pada saat memasuki masa panen, buah-buah di Indonesia sangat berlimpah serta mudah ditemukan, dengan harga yang terbilang murah. Beberapa penjual buah juga ikut serta menjual buah musiman, salah satunya buah Kecapi.

Buah Kecapi memiliki musimnya sendiri untuk panen atau waktu berbuah dengan kualitas yang baik. Menurut pengalaman penjual buah Kecapi, Tani mengaku bahwa pada saat musim kemarau buah Kecapi akan panen dengan hasil buah yang lebih berlimpah, serta nikmat untuk disantap oleh para pecinta buah Kecapi. Tetapi berbeda dengan musim hujan, buah ini akan cenderung lebih sedikit dan kurang enak dikonsumsi.

Baca juga: Cara unik menikmati buah kecapi

“Kecapi itu tergantung musim, seperti musim hujan dan musim kemarau. Kalau musim hujan, buahnya kurang bagus dan kurang enak. Sedangkan musim kemarau buahnya bagus, besar-besar dan terasa enak,” jelas Pria 63 tahun itu.

Jika musim kemarau tiba, buah Kecapi yang sudah masak tidak akan mudah jatuh dari pohon, sedangkan saat musim hujan buah ini akan mudah jatuh dari pohonnya. Bahkan pembeli juga mengetahui tentang masa musim buah Kecapi ini, maka dari itu mereka bisa menikmati buah ini di saat yang tepat.

“Banyak pembeli yang telah mengetahui bahwa saat musim kemarau tiba, buahnya masak tidak akan jatuh dari pohon. Tetapi kalau musim hujan, buah akan banyak yang jatuh dari pohon ketika masak,” jelas Pria pecinta buah-buahan itu.


Menurut Tani, buah Kecapi ini tidak memiliki musim khusus atau puncaknya untuk panen. Tetapi dulu ketika buah ini populer, musim kecapi mulai panen pada bulan September hingga Desember. Saat masa panen dimulai banyak orang yang mencari buah ini karena harganya akan murah.
Selama satu tahun, buah Kecapi hanya panen satu kali untuk satu pohonnya. Saat mulai panen, buah Kecapi akan berubah warna menjadi kuning keemasan.


“Kecapi itu tidak ada musim khususnya. Tetapi ketika ingin mencari buah ini, masa panennya akan dimulai pada bulan September hingga Desember. Satu pohon hanya satu kali panen dalam setaun setelah harus menunggu siklusnya,” tutupnya.

Baca juga: Cara membedakan buah kecapi matang atau busuk


Jadi bagaimana Sahabat Tani, sudah tahu kan tentang musim buah Kecapi. Apakah kalian berminat untuk mencari buah ini pada musim kemarau?

Related News