• 6 December 2022

Mengetahui Tarantula Death Curl dan Penanganannya

Tarantula tergolong sebagai hewan yang membutuhkan perawatan mudah, mulai dari pemberian makan hingga pembersihan pada kandang. Adapun istilah death curl pada tarantula, Sahabat Tani sudah mengetahui istilah death curl pada tarantula? Simak penjelasan Njup penghobi sekaligus penjual tarantula.

"Tarantula jika dehidrasi selalu dalam posisi seperti menarik seluruh kaki-kaki mereka dirapatkan ke badan membentuk ikal (curl). Kalau sudah seperti ini perlu tindakan, agar tarantula tidak mati," tegas Njup.


Selain dehidrasi, hal ini juga dapat terjadi yang disebabkan usia tarantula. Usia tarantula yang semakin menua akan terjadi death curl. Namun, dapat diberikan tindakan jika tarantula dehidrasi yang tidak berlebih.


Dehidrasi pada tarantula disebabkan kurangnya air pada tubuh dalam waktu lama. Dengan ini pemelihara harus memperhatikan air yang diberikan pada tarantula, mulai dari penyemporotan dan tempat air yang sudah tersedia di kandang.


Saat tarantula dehidrasi dapat mempengaruhi makan pada tarantula, jika diberikan makan ia akan berdiam dan tidak memakan makanan yang diberikan seberapapun banyak, hal ini disebabkan kurangnya air pada tubuh.


Tanda saat mulai mengalami dehidrasi, posisi pada tarantula terlihat sedikit mengikal dan abdomen yang terlihat sedikit memasuki kedalam. Jika dehidrasi yang berlebih, tarantula akan memposisikan kaki dan abdomen yangbmenekuk ke dalam.


"Jika sudah tua paling hanya bisa menunggu bagaimana kondisinya, karna hemofilia (kurangnya darah pada tarantula). Kalau masih kecil (juvenil) bisa dengan cara ICU itu pun 50 banding 50, ICU (menggunakan wadah dengan kelembapan tinggi)," tutupnya.


Untuk melakukan ICU, pemilik tarantula menyediakan beberapa alat untuk mengatasinya. Seperti toples plastik, cocopeat yang basah tetapi lembab namun tidak becek atau banjir pada tempat tersebut, toples diberikan lubang sekitar 5 sampai 10 lubang.
Kemudian, setelah semua disediakan masukan tarantula dengan posisi bagian tubuh atas berada dibawah. Setelah itu, berikan semprotan pada tubuh tarantula dan berikan beberapa tetesan air diarea mulut tarantula.


Setelah semua sudah diperkirakan cukup, tempatkan ICU ditempat yang gelap ICU memerlukan waktu yang cukup lama, dan akan dilakukan berhari-hari. Jadi, harus menyediakan tempat lain untuk ICU tarantula death curl.


Pastikan jika kondisi tarantula sudah membaik, dan kandang sebelumnya dibersihkan terlebih dahulu sebelum ditempatkan oleh tarantula. Bagaimana Sahabat Tani? Sudah memahami penanganan saat tarantula death curl?

Related News