• 26 April 2024

Mengenal Kura-Kura Ambon yang Eksotis

“Ini Kura-kura berjenis Kura Ambon, kalau orang bilangnya Kura-Kura Ambon Batok, karena kaya batu,”


Sahabat Tani, saat ini tidak hanya Anjing dan Kucing yang diminati untuk dipelihara. Kura-Kura juga merupakan hewan yang disukai untuk dijadikan hewan peliharaan di rumah. Kura-Kura, dikenal sebagai hewan Reptil yang memiliki tempurung dan retakan-retakan diatasnya atau disebut curve, sehingga membuatnya semakin unik.

Kura-Kura memiliki banyak sekali jenisnya, seperti Kura-Kura Darat, Kura-kura Air, dan Kura-Kura Semi Aquatic contohnya Kura-Kura Brazil, Kura-Kura Ambon, dan Kura-Kura Daun. Tetapi kali ini, Team Jagadtani akan membahas mengenai Kura-Kura Ambon.

Baca juga: Mengunjungi petani Cacing sukses

Berbeda dari jenis Kura-Kura Brazil yang berwarna hijau tua disertai garis-garis berwarna kuning dan berwarna coklat bergaris-garis coklat tua pada Kura-Kura Daun, Kura-Kura Ambon ini memiliki warna hitam kecoklatan pada tempurungnya. Warna hitam bukan hanya pada tempurungnya saja, melainkan juga pada keempat kakinya. Sedangkan pada bagian kepala, Kura-kura Ambon ini berwarna hitam dan memiliki 3 garis kuning yang menjadii ciri khas dari Kura-kura Ambon itu sendiri.

Kura-Kura Ambon ini selain memiliki tempurung berwarna hitam kecoklatan, ia juga memiliki tempurung berbentuk bulat meninggi. Ia sering dijuluki sebagai Kura-Kura Ambon Batok. “Ini Kura-kuranya jenis Kura Ambon, kalau orang bilangnya Kura-Kura Ambon Batok, karena kaya batu,” kata Wisnu.


Kura-Kura Ambon dengan nama latin Cuora Amboinensis, sangat cocok untuk dijadikan hewan peliharaan di rumah. Karena memiliki karakteristik yang ramah, jinak dan tidak agresif. Jika Sahabat Tani ingin memelihara Kura-Kura Ambon tak perlu khawatir mengenai perawatannya. Karena seperti namanya, Kura-Kura Ambon ini merupakan Kura-Kura Lokal. Tetapi walaupun memiliki nama Ambon, bukan berarti Kura-Kura ini penyebarannya berada di Ambon saja. Melainkan Kura-Kura Ambon ini penyebarannya juga berada di Pulau Jawa, Sumatra, Sulawesi, Kalimantan, Bali, dan Maluku.


“Kura-Kura Ambon ini terbilang mudah dalam perawatannya, karena ini hewan Lokal. Paling gampang itu kalau hewan Lokal. Kalau import susah karena harus sesuaikan suhu ditempat kita tinggal, Kecuali import hasil ternakan di sini, karna sudah terbiasa sama suhu dan makanan disini,” ujar pemilik Kura-Kura Ambon itu.


Penggolongan Kura-Kura berdasarkan makanan tidak hanya memiliki 1 golongan saja, tetapi memili 3 golongan seperti, Karnivora, Herbivora, dan Omnivora. Kura-Kura jenis Ambon ini termasuk kedalam golongan Omnivora, sehingga ia dapat memakan Tumbuh-tumbuhan, Buah-buahan dan Daging-dagingan.
“Makannya Pelet, Sayuran, buah Pisang, Pepaya, daging, ikan juga dimakan kalau Kura mah,” Katanya sambil tertawa kecil.

Baca juga: Agar tak salah, ini pola makan ikan patin


Kura-Kura Ambon ini merupakan Kura-Kura jenis Aquatic, yang berarti ia dapat hidup di darat juga di air. Tetapi, walaupun dapat hidup di air, Kura-Kura Ambon ini tidak bisa berenang Sahabat Tani.


“Kura-Kura kan hewan Amfibi, kaya jenisnya kan ini Semi Aquatic, jadi dia bisa kering sama bisa basah. Yang penting jangan berenang karena kakinya ga ada selaputnya,” Tutupnya.

Related News