• 4 May 2024

Lahirnya Garuda Pewaris Tahta Penguasa Halimun-Salak

uploads/news/2022/03/lahirnya-garuda-pewaris-tahta-389945694e0219b.jpeg

Setelah 50 hari, anakan burung Garuda dari pasangan Rama dan Dygtha telah menetas pada Jumat, 11 Maret 2022. Tentunya menjadi langkah keberhasilan dari konservasi yang dilakukan di  Pusat Suaka Satwa Elang Jawa (PSSEJ), Loji, Bogor.

Dan momen menetasnya telur yang bersejarah berhasil diabadikan mengunakan teknologi kamera CCTV. Bahkan momen yang terjadi pada pukul 01.35 WIB dapat disaksikan langsung melalui kanal youtube Kementerian LHK. 

Kepala Balai TNGHS, Ahmad Munawir pada keterangan tertulis (14/3/2022) menyampaikan bahwa proses pengeraman telur oleh induk Elang Jawa hingga menetas, terpantau memalui teknologi dengan memasang kamera CCTV di kandang rehabilitasi.

Baca juga; Menyambangi Surga hewan unik di Jakarta Timur

"Berdasarkan data yang kami dapatkan dari monitoring kamera CCTV, telur terpantau berada di sarang pada tanggal 20 Januari 2022. Masa pengeraman merupakan proses penting dalam siklus hidup burung pemangsa atau raptor untuk keberlanjutan spesiesnya," ungkap Munawir.

Munawir menerangkan lebih lanjut, jenis sepsies tersebut, khususnya elang jawa hanya mengalami satu kali masa berkembang biak dalam dua tahun. Jumlah telurnya pun hanya satu sehingga secara alami tingkat populasinya rendah.

Saat ini, elang jawa telah masuk kategori jenis satwa terancam punah “Endangered Species” menurut Red List yang diterbitkan oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN).

Pasangan elang jawa “Rama” (Jantan) dan “Dygtha” (Betina) merupakan sepasang burung elang jawa yang diserahkan oleh petugas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur kepada pengelola pengelola PSSEJ pada tanggal 27 Oktober 2018.

PSSEJ adalah lembaga konservasi khusus yang memiliki peran penting didalam pelaksanaan rehabilitasi dan pelepasliaran elang di Pulau Jawa. PSSEJ dikelola oleh Balai TNGHS, Kementerian LHK.

Lahirnya anak elang jawa ini tentunya menambah populasi burung langka yang dilindungi di TNGHS. Dalam ekosistem sendiri, elang jawa mempunyai peranan yang sangat penting yaitu sebagai top predator suatu kawasan hutan untuk menjaga keseimbangan ekositem.

Saat ini, Rama dan Dygtha dengan kompak menjaga dan merawat secara bergantian si bayi. Dygtha sang induk secara rutin memberikan makan dan menghangatkannya pada jam-jam tertentu.

Baca juga: dua elang jadi kado BTNGHS

"Semoga bayi kecil ini dapat tumbuh dan berkembang dengan baik sampai dengan dewasa, sehingga salah satu upaya yang bisa dilakukan selanjutnya adalah melalui kegiatan pelepasliaran satwa yang telah direhabilitasi. Kondisi Rama dan Dygtha serta perkembangan bayi mungilnya akan terus dipantau melalui CCTV," ungkap Munawir menutup keterangannya. 

Related News