• 29 March 2024

Pesona Tarantula di Mata Penghobi

uploads/news/2022/03/pesona-tarantula-di-mata-22213e514936f27.jpg

Jika menyebut hewan tarantula sebagian orang yang belum mengetahui tentang hewan tersebut akan mengatakan serangga menakutkan dan menyeramkan. Padahal banyak juga yang beranggapan bahwa tarantula adalah serangga berbulu dengan ukuran besar dan eksotis.

Pendapat tersebut seperti diungkapkan oleh mereka yang menyukai dan memelihara tarantula. Seperti yang diungkapkan oleh Njup, usia 38 tahun dengan peliharaan tarantula dari berbagai macam spesies.

"Pertama yang dilihat keunikannta dan kok bisa dipelihara, setelah baca-baca perawatan sama umurnya panjang banget baru deh coba. Awalnya cuma satu spesies, terus ngerasa kok kurang akhirnya sampe sekarang makin nambah spesies. Udah sekitar 6 sampai 7 tahun hobi sama tarantula," tegas Njup.

Baca juga: Mengetahui masalah tarantula dan penangannya

Memang tarantula jika dilihat mempunyai keunikan masing-masing mulai dari karakteristik dan warna pada tubuh. Pria 38 tahun ini, selalu mencari dan mengoleksi beberapa spesies yang belum dimiliki. Hal ini tidak merugikan dan menguntungkan baginya.

"Selama ini tidak merasakan ada kendala, karena hobi juga jadi lebih menikmati aja. Malah keinginan untuk nambah spesies yang belum ada. Tujuh tahun saya tidak ada rasa bosan sambil jualan juga tapi untuk jualan itu hanya bonus aja," ujarnya

Berdasarkan pengakuan Njup, dalam segi perawatan untuk tarantula. Sudah cukup banyak yang mengakui bahwa tarantula adalah hewan yang tidak merepotkan pemilihara. Jadi, pria 38 tahun ini pun selalu ingin menambah spesies tarantula hingga saat ini.

Tarantula tidak memiliki penyakit seperti hewan lain, hanya saja saat sesudah diberikan makan usahakan sisa makanan dibersihkan, agar tidak membusuk didalam kandang. Dan letakan kandang tarantula di suhu tingkat kelembaban sesuai dengan habitat asli.

"Buat jualan saya si tidak terlalu fokus, karena awalnya emang hobi tapi setelah belajar buat ngebreeding walaupun cukup sulit tapi bisa sampe saat ini. Spesies yang saya punya Gramostola pulchra, Gramostola pulchripes, Bracyphelma hamorii, Bracyphelma emelia, Bracyphelma klasii, Bracyphelma boehmi, Tlitoctal vagans, Tlitoctal albopilosus, Sericophelma angustum, Aphonophelma seemani, Harpactira pulchripes, Poechiloteria Metallica, Poechiloteria formosa, Poechiloteria regalis, Avicularia minatrix, Monochentropus balfouri, dan Lasiodora parahybana," tutupnya.

Baca juga: Mengintip proses perkawinan unik tarantula

Menurut Njup, penjualan tarantula hanya sampingan sebab ia senang dengan hewan ini sebagai hobi saja. Jika ada beberapa dari hewan ini mati Njup mengawetkannya sebagai panjangan, tetapi untuk saat ini sudah tidak menekuni.

Jadi, bagaimana Sahabat Tani? Cukup menarik untuk memelihara hewan eksotis satu ini.

Related News