• 16 June 2024

Beda Musim, Berikut Iguana Layak Dipelihara

uploads/news/2022/03/beda-musim-berikut-iguana-226423bd7b8da79.jpg

Iguana menjadi salah satu reptil yang cukup digemari untuk dijadikan hewan peliharaan. Tergolong dalam kadal berukuran besar yang saat ini tercatat ada 45 spesies di dunia. Iguana memiliki jengger, dan bersisik menjadi ciri fisik yang sangat mudah dikenali. Mungkin bagi yang pertama melihatnya akan takut, namun pastinya iguana sangat ramah untuk dipelihara.

Saat ini sudah banyak penghobi yang mencari beberapa spesies Iguana untuk dikoleksi dan diikut sertakanpada kontes. Dalam kontes tersebut, menampilkan hal menarik dari Iguana yang dimiliki. Mulai dari bentuk, warna, dan jenis dari Iguana. Reptil eksotis ini tidak berbeda jauh dengan Godzilla, namun Iguana versi kecilnya.

Baca juga: Mengenal Super Red, si Reptil vegetarian

Hewan reptil ini pemakan makanan herbivora alami yang berupa sayur-sayuran dan buah-buahan. Namun juga ada spesies Iguana yang terdapat pemakan makanan omnivora seperti serangga. Namun, jika pemelihara memberikan Iguana makan makanan daging adalah kesalahan besar dan tidak dianjurkan.

Di setiap spesies Iguana terdapat keunikan masing-masing. Akan tetapi, tidak semua spesies diperbolehkan untuk dipelihara dan dirawat. Simak penjelasan Andhika sebagai penghobi dan penjual Iguana.

"Iguana termasuk kadal besar, panjang pada tubuhnya sekitar kurang lebih dua meter. Orang mengetahui Iguana hanya warna hijau, sebenarnya banyak dari jenis Iguana. Kalau habitat, Iguana asalnya dari benua Amerika Selatan. Dia hidup di iklim tropis, ya mirip iklim di Indonesia. Makannya di Indonesia Iguana cocok buat dipelihara, walaupun ada jenis yang tidak boleh di pelihara di Indonesia," tegasnya

Ketertarikan dari penghobi pada Iguana sendiri mempunyai keunikan masing-masing, dan bervariasi.

"Nah di setiap negara punya ciri masing-masing Iguana. Kalau keunikan setiap jenis punya keunikan sendiri, tapi kalau yang biasa dipelihara di Indonesia dari lokal Elsavador, Columbia, dan silangan antara Elsavador sama Columbia. Saat ini jenis yang saya pelihara hanya itu, penghobi melihat keunikan Iguana tergantung sama selera sih ya. Biasanya beda terang gelap warna Iguananya," jelas Pria 21 tahun

Adapun jenis yang tidak boleh dipelihara di Indonesia, jadi untuk pemilihan pada jenis Iguana penting untuk mengetahui perawatan.

"Jenis yang tidak boleh dipelihara Galapagos Marine Iguana ini jenis yang dilindungi sampe saat ini. Selain tidak boleh dipelihara, jenis ini juga perawatannya sulit membutuhkan air laut," ujarnya

Iguana memiliki usia yang cukup panjang, dapat mencapai sekitar 5 hingga 10 tahun. Namun, perawatan pada Iguana penting jika usia pada Iguana ingin lebih dari jangka waktu yang diperkirakan.

Baca juga: Soa Layar, Reptil purba endemik Indonesia

"Menurut saya sendiri, Iguana dipelihara lebih lama umurnya dibanding di alamnya. Sebab pakan yang diberikan saat dipelihara, dan dibandingkan dia liar itu lebih bergizi dan berkualitas saat dipelihara. Jadi lebih terawat saja, kalau liar kan entah dia makan apa aja tidak terpantau," tutupnya

Jadi, bagaimana Sahabat Tani? Sudah mengetahui jenis Iguana yang dapat dipelihara di Indonesia.

Related News