• 1 March 2024

Mengintip Salon Domba Garut di Bogor

"Perawatan selayaknya salon tersebut menjadi hal rutinitas secara berkala, bahkan hingga domba Garut tampil dalam Seni Ketangkasan Domba Garut"

BOGOR - Sahabat Tani pastinya sudah tidak asing mendengar domba Garut. Namun dibalik itu ternyata domba Garut mempunyai perawatan ekstra. Selayaknya di salon, domba Garut rutin dicukur bulunya dan dimandikan hingga dikeramas pakai sampo.

Tak hanya itu, kuku domba juga dipedikur atau potong kuku ketika sudah panjang. Tak ketinggalan tanduknya. Tanduk dibersihkan dan diolesi minyak khusus. Perlakuan istimewa ini menjadi jalan satu satunya agar domba Garut tampak 'ganteng'. 

"Untuk domba Garut kelas penghobi, perawatan biasa seperti itu, baik yang aktif ke kontes maupun tidak. Tujuannya untuk menjaga kesehatan, pertumbuhan, juga penampilan biar 'ganteng' maksimal," kata peternak domba Garut Arsi Tani Farm, Dudun Abdillah kepada Jagad Tani.

Baca juga: Perbedaan Ternak Domba dan Kambing

Di Arsi Tani Farm sendiri, perawatan tersebut mulai dilakukan semejak domba lepas sapih dari indukan. Namun pencukuran habis seluruh bulu asal domba dilakukan saat menginjak umur enam bulan.

Selanjutnya, perawatan selayaknya salon tersebut menjadi hal rutinitas secara berkala bahkan hingga domba Garut tampil dalam Seni Ketangkasan Domba Garut (SKDG).

"Salon di sini ada dua, untuk yang di bawah dua tahun dan di atas dua tahun. Minimal ini dilakukan sebulan sekali, tapi bagusnya dua minggu sekali," tandas Dundun di kandang Arsi Tani Farm di Kelurahan Pakuan, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Pria yang berprofesi sebagai arsitek ini melanjutkan, perawatan domba Garut yang di bawah umur dua tahun atau masa pertumbuhan meliputi pencukuran bulu badan, pemeliharaan tanduk dan kuku hingga pemandian domba. Disampingi itu yang dianggap penting juga olehnya yakni perawatan bulu gombres. 

Baca juga: Kisah Marketing Bank jadi Peternak Domba

"Yang di bawah dua tahun, salah satu utama yang dibiarkan itu adalah bulu di bawah jenggot, leher depan hingga dada. Sedangkan yang dibutik di bagian tengkuk atas, dan nanti setelah domba di atas dua tahun yang tengkuk atas itu dibiarkan," jelasnya. 

Dijelaskan juga, perawatan sedikit ada perbedaan bagi domba Garut yang berumur di atas dua tahun, terlebih saat menghadapi kontes. Kata Dundun, salah satunya ada pemberian minyak khusus untuk tanduk. Selain itu agar tampil prima, ada latihan fisik bagi domba tersebut.

"Untuk 'atlet' umur dua tahun ke atas ada latihan fisik, maksimal dua hari sekali itu mesti lari muter, kemudian seminggu sekali kursus renang, dan pengembunan di sepertiga malam terakhir sampai dengan subuh," kata Dundun.

Hal lain yang harus diperhatikan penghobi domba Garut adalah kondisi kandang. Kebersihan kandang tentunya harus dijaga jangan sampai kotor apalagi bau. Selain dari itu, masih kata Dundun, asupan pakan serta nutrisi yang baik tidak bisa dipisahkan dari pemeliharaan domba Garut.

Baca juga: Raup Ratusan Juta dari Ternak Etawa

"Pakan hijauan mesti tercukupi dan pakan tambahan juga seperti yang mengandung mineral, vitamin, protein tinggi, dan yang SKDG biasanya dikasih energi yang tinggi kalorinya, supaya ototnya bagus," pungkasnya.

Related News