• 25 April 2024

Gecko Rainwater Strees, Ini Cara Mengatasinya

uploads/news/2022/03/gecko-rainwater-strees-ini-46299f23172e547.jpg

Saat hewan peliharaan yang menjadi salah satu teman mengalami stres, tentu dapat membahayakan karena kemungkinan berujung kematian.  Nyaris seluruh hewan pernah merasakan stres karena tidak merasa nyaman. Begitu juga dengan Gecko jenis Rainwater Albino, akan ada saat merasa stress dan Sahabat Tani perlu mengetahui bagaimana cara mengatasinya.

Gecko Rainwater Albino jarang terkena penyakit, karena memiliki tubuh yang kuat dan mereka bisa bertahan hidup sampai 20 tahun. Tetapi jangan salah, hewan satu ini juga bisa stress seperti hewan lainnya. Menurut pengalaman Unjup Kurniadi, pencinta Gecko mengatakan bahwa Gecko stress karena lingkungan maupun perubahan suhu kandang sehingga berujung sakit.

Baca juga: Mengenal Leopard Gecko Rainwater Albino

“Kalau pengalaman saya memelihara, Gecko Rainwater dapat bertahan hidup hingga 7 tahun dengan ukuran paling besar 26 cm. Sebenarnya tergolong jarang terkena penyakit, tetapi yang sering terjadi stress karena faktor perubahan suhu di dalam kandang,” kata Unjup.

Jika suhunya terlalu panas atau terlalu dingin bisa mempengaruhi nafsu makan Gecko Rainwater, sehingga tidak akan mau makan karena lingkungan kandangnya. Suhu yang baik untuk Gecko sekitar 32-33 derajat Celcius, untuk tempat terpanas di dalam kandangnya. Tetapi Gecko juga harus mendinginkan dirinya, para pecinta reptil bisa menyediakan suhu 23 derajat Celcius di dalam kandang hewan tersebut. Saat cuaca dingin, normalnya Rainwater ini tidak banyak makan.

“Gecko ini tidak bisa terlalu panas dan tidak bisa terlalu dingin, dia itu hewan berdarah dingin makanya tidak bisa mengatur suhu tubuhnya sendiri. Oleh karena itu, saya harus menyiapkan kandang dengan suhu panas dan dingin agar Gecko bisa makan dengan baik dan terhindar dari stress,” tambah Pria 35 tahun itu.

Menurut Unjup, Leopard Gecko merupakan hewan teritorial jadi kalau bukan musim kawin tidak bisa disatukan. Saat dipindahkan ke lingkungan atau kandang baru, Gecko akan merasa stress dan tidak mau makan. Jadi baiknya, satu kadang untuk satu jenis Gecko.

Ciri-ciri Gecko Rainwater saat stress bisa juga dilihat dari ekornya bergetar dan bisa putus kalau dipaksa untuk diambil dari kandang. Jika tidak ada makanan, Gecko bisa memakan ekornya sendiri, walau tetap akan tumbuh kembali menjadi lebih bagus. Untuk tambahan informasi, Gecko juga bisa bertahan satu bulan tanpa makanan.

Baca juga: Bikin Gecko Rainwater makin sehat

“Cara mengatasinya, kita bisa memindahkan Gecko terlebih dahulu ke wadah atau kandang lainnya yang bersih dan gelap. Kita diamkan saja sampai dia mau makan lagi, tetapi tetap beri makan nanti kalau kotorannya bagus berarti tandanya dia sudah tidak stress lagi,” tutup Unjup Kurniadi, pecinta reptil.

Setelah mulai paham tentang Gecko Rainwater saat stress dan cara mengatasinya, Semoga Sahabat Tani semakin dapat memahami karakter gecko kesayangan.

Related News