• 14 May 2024

Cara Mudah Membedakan Jenis Kelamin Gecko

Setelah mengetahui tentang jenis gecko, tetapi ada hal yang harus diperhatikan oleh Sahabat Tani sebelum memulai memeliharanya. Hal yang harus ketahui adalah cara membedakan jenis kelamin dari gecko. Tujuannya agar memudahkan saat ingin membudidaya reptil berwarna menarik ini.

Leopard Gecko atau biasa disebut dengan tokek rumahan memang cukup mudah perawatannya, sangat wajar sehingga banyak pecinta reptil yang mulai belajar memelihara reptil dari hewan satu ini. Terlebih harga gecko yang ditawarkan masih cukup terjangkau membuat banyak pemula dan banyak remaja.

Baca juga: Mengenal Leopard Gecko Rainwater albino

Agar tidak terjadi kesalahan dalam mengetahui jenis kelamin, bisa dilihat pada Gecko yang telah berusia 7 bulan keatas. Pada usia ini, Gecko mulai terlihat jelas fisiknya tetapi tidak bisa menebak jenis kelamin hanya dengan membandingkan ukuran hingga bentuk fisik, warna maupun corak saja. Namun, bisa diketahui dengan cara membalik Gecko serta melihat di pangkal ekor hewan tersebut.

“Saya menganjurkan untuk melihat jenis kelamin Gecko agar lebih jelas, bisa dilihat saat usia sekitar 7 bulan keatas,” jelas Pria 35 tahun itu.

Perbedaan jenis kelamin antara Gecko Betina dan Jantan imemang tidak terlihat jelas. Tetapi dapat terlihat jelas pada bagian pangkal ekor dari hewan tersebut. Pada pangkal ekor jantan memiliki dua tonjolan, disebut juga dengan (Hemipenal Bulges). Lalu memiliki titik-titik berbentuk huruf V (Femoral Pores). Sedangkan betina gecko tidak memiliki bagian tersebut.

Berbeda dengan Gecko berusia di bawah empat bulan, cukup sulit untuk melihat jenis kelaminnya. Tetapi, ada cara yang bisa digunakan untuk melihat jenis kelamin Gecko yaitu menggunakan metode Candling. Caranya cukup sinari bagian atas pangkal ekor bayi Leopard Gecko.

Baca juga: Cara merawat Gecko agar makin sehat

Bayi Leopard Gecko cenderung agresif dan masih takut dengan manusia, maka dari itu metode Candling ini tidak dianjurkan bagi para pemula yang baru memelihara Gecko. Karena cara ini harus dilakukan dengan hati-hati, agar tidak berakibat stress bahkan membuat ekor pada bayi hewan satu ini terputus.

 “Nanti jika sudah melakukan Candling, terlihat Femoral atau dua bagian merah yang terdapat pada Gecko jantan. Sedangkan betina tidak memiliki Femoral tersebut pada pangkal ekornya. Tetapi saya tidak menganjurkan cara ini bagi para pemula, ” tutup Unjup.

 Jadi, bagaimana Sahabat Tani, sudah mengetahui tentang perbedaan jenis kelamin pada Leopard Gecko bukan? Yuk mulai pelihara hewan lucu satu ini.

Related News