• 2 May 2024

Perbedaan Sugar Glider Jantan dan Betina

uploads/news/2022/03/perbedaan-sugar-glider-jantan-509052f9620d7a8.jpg

Sugar Glider salah satu hewan yang semakin hari banyak peminatnya untuk dijadikan sebagai peliharaan rumah. Dengan keunikan pada ukuran tubuh yang mungil dan dapat terbang menggunakan keempat kakinya. Lalu bagaimana cara membedakan jantan dan betina pada hewan Sugar Glider?

Mungkin bagi para penghobi sudah mengetahui bagaimana cara membedakannya, tetapi untuk pemula kemungkinan masih banyak yang menanyakan hal ini.
Hewan menggemaskan ini mempunyai jenis kelamin yang tidak terlihat seperti kucing, kambing, dan anjing. Terlebih jika umur dari Sugar Glider masih berumur bayi. Hendar, peternak Adewap Sugar Glider mempunyai tips untuk Sahabat Tani dalam membedakan jenis kelamin jantan dan betina pada Sugar Glider.

Baca juga: Memilih Sugarglider bagi pemula


"Cara membedakan kelaminnya yang pertama yaitu, si betina memiliki kantong untuk nantinya menyimpan anakan. Sedangkan jantan tidak memiliki kantong, dari visual jika jantan dewasa biasanya mengalami kebotakan pada kepala sedangkan betina tidak," ujarnya.


Secara karakter betina mempunyai karakter yang galak dan cemas saat hamil maupun melahirkan, padahal sebelumnya karakter pada betina jinak. Perubahan pada karakter betina hanya sementara, sampai anaknya tumbuh besar dan berumur 1 bulan hingga anaknya tidak lagi di kantung induknya.


Kemudian, pada jenis kelamin jantan memiliki ciri fisik tidak memiliki kantung. Seiring berjalannya umur kepala pada jantan akan mengalami kebotakan. Semakin usianya bertambah akan semakin jelas botak pada kepalanya. Selain itu, umur 4 sampai 5 bulan jantan akan mengeluarkan kelenjar yang bau di bagian lehernya. Fungsi pada bau ini dia menandakan daerah kekuasaannya.


Sugar Glider jantan apabila sudah memasuki masa birahi akan kawin selama satu hari penuh, karakter pada saat birahi akan menjadi galak dan menjaga daerahnya agar tidak diganggu. Saat birahi pun harus segera dicarikan pasangan agar tidak cemas dan galak, walaupun sebelumnya jinak. Dan saat jantan merasa sedang birahi ia akan selalu mengeluarkan suara bising yang cukup mengganggu.

Baca juga: Cara mudah merawat sugar glider


"Ciri khasnya Suger glider pada jantan yaitu saat beradaptasi dengan lingkungan baru dia akan buang air kecil yang memiliki bau cukup menyengat, sedangkan betina nya tidak," tutupnya

Dapat dilihat perbedaan dari kedua jenis kelamin pada hewan ini, jantan lebih banyak mengalami perubahan fisik dibandingkan betina. Saat merasa terganggu dengan keadaan lingkungannya, karakter keduanya akan menjadi galak.

Related News