• 26 April 2024

Rahasia Merawat Tanduk Domba Garut

uploads/news/2022/04/rahasia-merawat-tanduk-domba-84965117c6128a9.JPG

Sudah dari dulu hingga saat ini Garut menjadi salah satu kota yang dikenal memiliki banyak khas ragam budaya. Salah satunya adalah adu ketangkasan domba dengan mengandalkan tanduk domba. Harga jual domba Garut bisa mencapai ratusan juta per ekor. Menaikan harga jualnya itu diperlukan proses dan perjuangan yang panjang loh Sahabat Tani.

Langkah yang harus dilalui agar harga naik, domba harus sering menjadi juara di lomba ketangkasan domba. Domba Garut merupakan domba mahal yang memiliki senjata yang paling diunggulkan yaitu tanduk domba.

Tanduk domba ini digunakan untuk menggempur lawannya sehingga menjadi ciri khas dari jenis domba satu ini. Jika Sahabat Tani ingin memiliki domba jenis ini pastikan mempunyai perawatan yang benar dan baik sehingga, tanduk domba akan tetap unggul dibanding dengan domba yang lain.

Baca juga: Mengintip Salon Domba di Bogor

Dundun Hasannudin Abdillah, Pemilik Arsitani Farm yang terletak di Pakuan, Kota Bogor ini memberikan tips rahasia bagaimana cara merawat tanduk domba Garut agar bisa menang kontes dan mencapai harga yang fantastis. “Perawatan domba itu harus dilakukan sejak dia masih remaja, tanduk domba harus dirawat dengan sistem pemolesan minyak. Untuk domba yang masih kecil, biasanya pemolesan dilakukan degan menggunakan minyak ikan atau minyak ayam. Fungsinya untuk memberikan nutrisi pada tanduk domba agar lebih cepat berkembang. Tidak cukup dengan dipoles, tanduk domba garut juga harus dibasuh oleh air hangat untuk merangsang pertumbuhan tanduk domba,” jelasnya kepada Jagadtani.com belum lama ini.

Baca juga: Gagahnya Aradea, Domba Garut Termahal

Perawatan domba Garut yang harus dilakukan adalah memastikan posisi tidur domba yang harus sejajar dan tidak boleh miring kanan atau miring kiri. Hal ini dilakukan agar pertumbuhan tanduk domba cepat dan tidak terganggu. Jika posisi tidur sering menghadap ke kanan maka tanduk sebelah kiri akan tidak seimbang dengan tanduk sebelahnya.

Selain pada tanduk, Dundun juga menyarankan domba yang ingin diikutkan kontes harus masuk salon terlebih dahulu. “Sebetulnya sudah menjadi hal yang wajib untuk pemilik domba kalau mau kontes pasti di salon dulu, dari mulai latihan fisik seperti berenang sampai dicukur bulu-bulunya,” tambah mantan Arsitek itu. Di Arsitani Farm sendiri ia menyediakan layanan bagi peternak domba Garut kontes untuk disalon. Domba yang ingin di salon bisa dibawa langsung ke Farm atau home service.

Baca juga: Arsitek Sukses Menjadi Peternak Domba

Related News