• 24 June 2024

Gagahnya Aradea, Domba Garut Termahal

Pernahkah Sahabat Tani mendengar domba yang dijual seharga ratusan juga? Berbicara kebudayaan masyarakat Garut, Jawa Barat, nama dodol legit serta tangkas adu domba melegenda, adalah dua ikon kota yang sulit terpisahkan. Keduanya seolah sudah menyatu dengan akar budaya masyarakat kota intan sejak lama hingga masa kini. Khusus nomor dua, pamor seni budaya tangkas adu domba Garut, semakin mendapatkan tempat di hati masyarakat pecinta domba.

Harga jual domba garut bisa mencapai ratusan juta per ekor. Tentunya menaikan harga jualnya itu diperlukan proses dan perjuangan yang panjang. Di antaranya harus sering menjadi juara di lomba ketangkasan domba. Selain itu, ternak dan memelihara domba garut itu lebih sulit dibanding berternak domba pedaging. Aradea namanya, domba garut asal Bandung ini memiliki harga yang fantastis yaitu mencapai 120 juta.

Baca juga: Mengintip Salon Domba Garut di Bogor

Alasan mengapa aradea mahal ialah karena perawatan yang telaten sedari kecil yang sudah diterapkan oleh Dundun, pemilik salon domba Arsitani Farm. “Alasan kenapa di Aradea ini bisa mahal itu yang pertama karena proyeksinya, artinya kalau pengurusan dan perawatan jalan sesuai harapan nilainya bisa lebih, nah yang kedua buat prestisi juga punya domba bagus, yang ketiga, ketika dia pensiun bisa buat breeding nanti anakannya udah pasti mahal,” tuturnya.

Domba yang terkenal karena adu tangkas yang mesti dimiliki ini, memiliki perawatan yang eksklusif loh Sahabat Tani. Jika kita benar-benar berminat untuk merawat domba garut, maka selalu lakukan perawatan rutin untuk pemeliharaan sang domba. Menjelang pertandingan, domba akan diberi asupan vitamin, sayur, ampas tahu, dan daun hijau sebagai asupan. Agar domba garut termahal terlihat tangkas, maka sesekali diajak untuk berkeliling, disalon, berlari, dipijat hingga berenang.

Baca juga: Potensi Pemanfaatan Wol Domba Merino

“Ketika dibeli masih umur 2,5 tahun dari bandung, jadi di tangkas domba itu ada point buat tanduknya seniai 20-25, Nah keunggulan Aradea ini ada ditanduknya itu yang pointnya sebesar 23 jadi hamper sempurna,” pungkas mantan Arsitek itu.

Tak lupa, Dundun juga menjelaskan tanduk yang bagus untuk domba garut hias adalah yang tanduknya turun kebawah terlebih dahulu setelah itu melengkung panjang ke atas dan harus simetris antara kanan dan kiri.

Baca juga: Kisah Marketing Bank jadi Peternak Domba

Related News