• 27 May 2022

Pentingnya Pasang Mikrocip Pada Peliharaan

SHARE SOSMED

Jika Sahabat Tani memiliki hewan kesayangan sebaiknya perlu melakukan hal ini agar hewan kesayangan Sahabat Tani tidak dicuri orang. Teknologi mikrocip merupakan semikonduktor kecil yang berfungsi sebagai penyampai informasi lewat karakteristik listrik tertentu. Dalam kasus lain, istilah ini juga dapat disebut sirkuit terpadu. Mikrocip merupakan bagian terpenting dalam sebuah alat elektronik, seperti Komputer, Televisi, bahkan Microwave.

Fungsinya adalah untuk menerima, mengolah dan menyampaikan informasi. Seiring berkembangnya teknologi, lama-kelamaan ukuran Mikrocip semakin kecil dan bekerja semakin cepat. Kini, penggunaan microcip bukan hanya untuk perelatan elektronik. Namun, sudah di implan pada tubuh Manusia bahkan Hewan.

Baca juga: 3 Musang yang Friendly Untuk Dipelihara

Tiap negara dan daerah punya cara masing-masing mendeteksi hewan liar berkeliaran di kawasannya. Ada yang memakai cara manual dari laporan masyarakat atau dengan melihat tingginya angka penyakit yang bersumber dari hewan tertentu.

Umumnya, hewan liar yang tidak mendapat perawatan secara optimal, cenderung memiliki masalah kesehatan terhadap berbagai penyakit. Hewan yang diberikan cip juga bermacam-macam seperti kucing, anjing, bahkan musang.

Alan Nuary, salah satu orang yang memberikan microcip ada peliharaannya yaitu musang. Baginya, pemasangan mikrocip sangat penting agar hewan yang kita punya tidak sembarang diambil apalagi ditukar. “Sekarang musang-musang kelas kontes sudah mulai dipasangin mikrocip, fungsinya untuk nomor identitas. Di tanam di punggung, disuntik jadi nanti kalau sewaktu-waktu hilang kita punya bukti kuatnya,” jelasnya saat Jagadtani.com belum lama ini.

Baca juga: Berawal Barista Kini Peternak Musang

Cara mengetahui identitas nomornya juga mudah loh, Sahabat Tani cukup tinggan scan menggunakan alat scanner atau mesin pemindai mikrocip, maka mikrocip yang di tanamkan di bawah kulit hewan tersebut akan memancarkan sinyal frekuensi radio. Pemindai membaca Kode unik yang ada di dalam mikrocip untuk melihat database hewan tersebut.

Mulai dari Gen yang ada di dalam tubuhnya dan otomatis akan memberikan informasi mengenai induk hewan, pemilik hewan, riwayat kesehatan umum, panjang, berat dan berbagai hal lainnya. Selain menyimpan berbagai infromasi umum, mikrocip pada tubuh hewan juga berfungsi untuk mengidentifikasi apakah seekor hewan tergolong agresif atau perilaku berbahaya mereka hanyalah sebuah geretakan. “Harga alatnya memang lumayan mahal sih sekitar dua jutaan, tapi menurut saya itu worth it,” tutupnya.

Related News