• 29 March 2024

Mengenal Savannah Monitor Kadal Gurun Afrika

uploads/news/2022/04/mengenal-savannah-monitor-kadal-356852ed53d65c1.jpeg

 

Sahabat Tani pastinya sudah tidak asing lagi dengan kadal, banyak sekali kadal yang bisa kita temui dan bisa kita pelihara. Mulai dari ukuran yang kecil hingga ukuran yang besar. Seperti gecko, bearded dragon, iguana, tegu, dan masih banyak lainnya.

 

Seperti salah satunya savannah monitor, Sahabat Tani pernah dengar savannah monitor?

 

Savanah monitor merupakan hewan yang termasuk dalam spesies kadal yang berasal dari Afrika, dikenal dengan sebutan savmon atau banyak juga yang bilang mirip dengan komodo. Kadal ini lahir dengan tubuh berukuran kecil, dengan ukuran maksimal hanya sampai satu meter saja, langka jika savmon ini berukuran mencapai 1,5 meter karena pertumbuhan pada savmon ini juga termasuk lambat.

 Baca juga : jenis iguana dengan warna terunik

Hewan ini merupakan hewan karnivora karena ia memakan daging dan ia membutuhkan udara yang cukup panas, karena savmon sendiri berasal dari gurun yang udaranya panas. Kadal savmon memiliki tubuh dengan corak titik bulat-bulat putih. Hewan ini sudah banyak dipelihara di Indonesia.

 

“Savmon ini banyak yang bilang mirip sama komodo, tapi sebenarnya si beda dia lebih ke kadal dari pada komodo. Kalau mau pelihara savmon harus sering-sering dijemur supaya pupnya itu lancar, biasanya kita jemur dipagi hari sambil berendem diair dia, habis itu jemur kering waktunya masing-masing 10 menit aja” ucap Taufik

 

Kebiasaanya yang hidup di gurun membuat savmon perlu dijemur setiap hari agar tetap mendapatkan panas yang cukup untuk tubuhnya dan untuk kesehatan tubuhnya. Kalau tidak dijemur savmon bisa sakit seperti gemetar dan lemas. Yang paling parah itu obesitas.

Baca juga : Tips mencetak pattern pada Gecko  

“Memelihara savmon harus diperhatikan dengan benar, kita ga boleh ngasih makan keseringan, dia bakal obesitas terus nanti dia bakal mati. Cukup kasih makannya dua kali sehari aja, kasih makannya itu tikus putih ya, mulai dari kecil juga kita ngasih sesuai dengan ukuran savmonnya itu sendiri” ucap Taufik saa di temui di Petstronout Planet of Pets di Jakarta

 

Karena savmon ini termasuk hewan yang galak jadi Sahabat Tani jika ingin memelihara savmon perlu dihandel setiap hari, supaya savmon yang Sahabat Tani pelihara itu jinak dan mengenali siapa pemilikinya. Kalau hanya dikasih makan saja savmon akan kembali ke sifat aslinya.

 

Untuk memelihara savannah monitor Sahabat Tani perlu mempersiapkan kandang yang sesuai dengan habitatnya, bisa menggunakan akuarium, ataupun kandang yang terbuat dari kayu dan suhu yang sesuai.

 

“sebenarnya kandang yang bagus buat savannah monitor itu terbuat dari terrarium kayu jadi dia merasa seperti dialamnya, terus jangan lupa buat dikasih lampu sebagai penghangat, soalnya dia kan suka berjemur dan tempat yang panas, suhunya bisa disesuaikan sekitar 29 sampai 34 derajat celcuius.” Tutup Taufik

 

 Baca juga : Raup jutaan dari ternak biawak 

 

 

Related News