• 29 April 2024

Mulai Dilupakan, Ini Manfaat Daun Rosemary

Sahabat Tani, mungkin kalian sedikit asing dengan tanaman satu ini. Namun, nyatanya tanaman ini memiliki banyak sekali manfaat yang orang jarang ketahui loh. Rosemary merupakan tanaman asli berasal dari Mediterania, tanaman ini termasuk kedalam keluarga mint yang memiliki spesies banyak. Rosemary memiliki dua jenis yaitu Rosemary kering dan Rosmary segar. Rosemary kering aromanya lebih lembut tetapi daunnya keras, sedangkan Rosemary segar memiliki aroma yang lebih kuat.

Rosemary juga mempunyai julukan yaitu “embun laut”, karena berasal dari bahasa latin “ros” artinya embun dan “marinus” artinya laut. tanaman ini pendek dan memiliki daun yang berbentuk runcing. Aroma daunnya sangat wangi dan memiliki ciri khas tersendiri. Menurut Limin, tukang kebun dipangkalan tanaman Fajri Fariz – Meruya. Tanaman ini jarang diketahui oleh pembeli tetapi ketika pembeli sudah mengetahui aroma dari Rosemary ini, biasanya mereka langsung tertarik untuk membelinya.

Baca juga : Memetik lemon dari pohon kerdil

“Bentuknya mirip dengan pohon cemara, tetapi lebih pendek. Pembeli jarang mengetahui tentang tanaman ini, biasanya saya kasih tau lalu mereka penasaran dan tertarik,” kata Limin.

Tanaman ini tahan terhadap panas matahari, hama, dan penyakit. Wangi yang dihasilkan oleh Rosemary mampu mengusir nyamuk, aromanya akan membuat nyamuk kehilangan inderanya.

Selain bisa mengusir nyamuk, daun Rosemary ini juga dijadikan sebagai bumbu masakan karena aroma khasnya yang mirip seperti lemon dan mint, bisa membuat masakan lebih beraroma. Rosemary dicincang sampai halus lalu ditambahkan sesuai dengan resep makanan yang sedang dibuat.

“Kalau disini yang mempunyai keunggulan itu salah satunya Rosemary. Tanaman ini tidak mempunyai ciri khas wangi yang sangat pekat pada daunnya. Rosemary juga bisa digunakan sebagai pewangi masakan agar lebih beraroma,” tambah Pria 27 tahun itu.

Menggunakan Rosemary sebagai bumbu masakan tentu dapat memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan, seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan mata, meningkatkan daya ingat, lebih konsentrasi, memelihara kesehatan otak dan bisa membantu menurunkan risiko kanker tertentu.

Tanaman ini bisa juga digunakan sebagai bahan untuk perawatan rambut, efektif untuk merangsang kulit kepala sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat.

Harga untuk satu tanaman Rosemary juga cukup terjangkau, hanya perlu mengeluarkan Rp10 ribu untuk membeli tanaman satu ini.

Baca juga : Memetik Sembung, tanaman obat di rumah

“Banyak manfaatnya tanaman Rosemary ini, bisa mengusir nyamuk lalu untuk obat juga bisa. Baik untuk tubuh kalau dijadikan sebagai bumbu masakan. Minyaknya juga bagus untuk rambut. Harga untuk satu pot hanya Rp10 ribu saja,” tutupnya.

Bagaimana Sahabat Tani, banyak sekali manfaat dari tanaman satu ini bukan? Ayo kita lebih mengenal dan tertarik dengan Rosemary!

 

Related News