• 23 April 2024

Platinum Koi, Solusi Bagi Pencinta Koi

"Ingin bikin kolam koi, atau sekedar memperbaiki hingga membeli ikan koi dengan kualitas unggul? Semua dapat diperoleh di Platinum Koi yang berada di daerah Cibubur ini."

Memelihara ikan koi dianggap sulit bagi sebagian Sahabat Tani, tapi nyata tidak. Namun tetap dengan beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam merawat ikan yang awalnya bernama Nishikigoi atau dalam Bahasa Latin disebut Cyprinus Carpadie.

Kesalahan yang paling utama adalah sirkulasi air yang masuk filter tidak sesuai sehingga ikan mudah sakit dan berujung kematian. Padahal layaknya sebagai ikan hias, koi membutuhkan hal tersebut.
Namun jangan khawatir, Alex pemilik dari Platinum Koi yang bermarkas di daerah Cibubur ini siap membantu agar kelangsungan hidup ikan koi dapat bertahan lebih lama. Rentan usia ikan koi cukup panjang sekitar 50 - 60 tahun. Bahkan di Jepang sebagai negara asalnya ada yang bertahan hingga lebih dari 200 tahun.

Baca juga: Ternak burung kenari lebih menjanjikan

Jadi faktor penentu dari usia ikan koi adalah kualitas air atau dalam pengertian lain adalah PH air harus netral, tidak mengandung zat berbahaya. Dan yang terpenting, ikan koi membutuhkan air dengan kandungan oksigen yang tinggi.

Dan kebutuhan tersebut dapat diperoleh dari Platinum Koi. Memang selain menyediakan berbagai jenis ikan koi, baik lokal maupun import, Platinum Koi menyediakan jasa mendisain sirkulasi air kolam. Jasa tersebut tidak hanya sebatas pembuatan kolam ikan dari nol hingga jadi tetapi juga melayani jasa perbaikan atau renovasi kolam ikan koi.

Platinum Koi didirikan oleh Alex sejak 2014 yang berawal dari keinginannya mengembangkan hobi memelihara ikan koi. Saat ini memang ikan koi yang tersedia di Platinum Koi berasal dari peternak daerah Blitar, Tulungagung dan daerah lainnya di Jawa Timur. Pengiriman ikan koi tersebut menggunakan jasa Kereta Api Logistik (KALOG) sehingga membutuhkan waktu cukup singkat dan aman.
Ikan koi dari peternak daerah Jawa Timur ini akan menjadi suplai penunjang dari peternakan milik Platinum Koi yang berada di daerah Parung. Jenis ikan koi yang sedang dibudidayakan mulai dari koi lokal hingga import.

Baca juga: Menilik Potensi Chana Limbata

Sementara harga ikan koi lokal yang tersedia di Platinum Koi dari rentang harga Rp10.000 hingga puluhan jutaan rupiah. Sedangkan untuk ikan koi impor dimulai dari harga ratusan ribu hingga puluhan juta. Harga tersebut disesuaikan panjang tubuh ikan koi, semakin panjang dengan corak warna yang bagus maka harganya makin mahal.

Jangan lupa usia ikan koi yang semakin tua juga dapat meningkatkan harganya, berbeda dengan jenis ikan hias lainnya. Tentu hal ini menguatkan pendapat ikan koi merupakan ikan keberuntungan sesuai kepercayaan dari budaya Cina.

Baca juga: KKP Dukung pelestarian danau Tamblingan di Bali

Bagaimana, sahabat tani ingin memulai memelihara ikan koi atau justru ingin menambah jumlah kolam?

Related News