• 19 August 2022

IT's Buah Dukung Petani Buah Lokal

Berawal jadi toko buah, kini berinovasi dengan jus buah segar berkhasiat detoksifikasi. IT's Buah, Sehatkan Diri, Sehatkan Sesama dan Sehatkan Lingkungan.

Tingkat konsumsi buah-buahan masyarakat Indonesia tergolong sangat rendah, hal ini sesuai dengan data bahwa sekitar 4,5% yang mengkonsumsi buah & sayur di atas 150gram per-hari. Kondisi tersebut membuat IT's Buah berdiri dengan memenuhi kebutuhan konsumsi buah melalui jus buatannya.

Baca juga: Mengantisipasi wabah PMK di Bogor

Di tahun 2012, Hamzah Parsaoran Sinaga mendirikan toko buah pertamanya di Kalibata City. Mengusung konsep berbeda dengan menyediakan tempat bersantai untuk menikmati buah maupun jus bikinannya. Istilahnya "Nongkrong Sehat'.

Berusaha mengembangkan sayap, outlet serupa didirikan sebanyak 8 buah di Jakarta - Bekasi. Sayangnya usaha untuk meningkatkan kesehatan dengan mengkonsumsi buah-buahan tidak berjalan mulus. Hanya tersisa satu toko yang berada di Kalibata City pada 2013.

Tidak ingin kehilangan asa dalam meningkatkan konsumsi buah, Hamzah yang sedang menekuni bisnis online mulai mencari cara agar dapat mengirimkan buah ke berbagai daerah. Setelah melalui beragam riset dan pengembangan, jus buah dianggap dapat menjadi produk yang dipasarkan melalui online. Produksi Cold press juice buatan IT's Buah akhirnya dimulai pada 2019.

Cold press juice atau jus buatan IT's Buah dipastikan berasal dari buah lokal. Komitmen ini demi meningkatkan taraf hidup para petani yang masih belum menikmati hasil panen mereka. Walau saat ini masih membutuhkan buah dalam jumlah terbatas sehingga harus membeli di pasar Induk.

Tetapi Hamzah menyakini kedepannya akan dapat langsung membeli dari petani buah agar dapat memutuskan mata rantai yang saat ini dikuasai tengkulak. "Harga yang ditawarkan lebih murah, namun kuantitas kebutuhan kami masih belum dapat membeli langsung. Padahal jika membeli langsung, kami dapat memberikan harga lebih baik dibanding para tengkulak."

Berbeda dengan jus pada umumnya, Cold press juice IT's Buah tidak dijual satuan tetapi berupa paket. Tujuannya sesuai untuk memenuhi kebituhan konsumsi harian dari sang pembeli. "Paket yang terdiri dari paket mingguan dengan harga mulai dari Rp dua setengah juta. Saat ini penjualan Cold press juice IT's Buah telah tersebar ke seluruh pulau Jawa.

Dengan target membesarkan IT's Buah agar masyarakat #sehatberdampak, tidak hanya jus buah yang ditawarkan. Tetapi lebih memberikan panduan berupa program hidup sehat. "Saat ini memang Cold Press juice salah satu produknya sehingga tidak menutup kemungkinan akan ada inovasi lainnya. Tetapi lebih terfokus pada program pola hidup sehat para konsumen akan didamping kami."

Baca juga: Memetik lemon dari pohon kerdil

Bicara tentang #sehatberdampak , IT's Buah yang memastikan memberikan dampak positif bagi petani buah lokal juga memastikan berdampak baik bagi lingkungan. Hal ini sesuai dengan penggunan botol kaca yang dapat digunakan berulang kali. Botol plastik tentu berdampak buruk pada lingkungan.

IT's Buah juga selalu berbagi dengan lebih dari 30 yayasan melalui mengirimkan sebanyak 2.000 s/d 3.000 botol jus buah setiap bulannya.

#sehatberdampak.

 

Related News