• 7 July 2022

Cara Mudah Merawat Katak Pacman

“Sesuai karakternya, ketika mendapatkan air banyak maka si katak Pacman akan terus bergerak dan berenang sehingga bakal kecapean dan berujung kematian."

Sahabat Tani, setelah sebelumnya mengenal Pacman si Katak Besar, kali ini team Jagad Tani akan memberikan tips mengenai perawatan Katak Pacman bagi Sahabat Tani. Seperti yang kita ketahui bahwa, Katak pada dasarnya merupakan hewan Amfibi, yaitu hewan yang hidup di dua Alam, di darat dan di air.

Perawatan pada Katak Pacman sebenarnya sangatlah mudah, tidak mengeluarkan banyak tenaga, waktu dan biaya. Cocok bagi Sahabat Tani yang ingin memelihara hewan peliharaan, namun tidak banyak memiliki waktu luang, sehingga bingung untuk merawatnya. Untuk lebih jelasnya, Edward pemilik Ogre Swamp akan menjelaskan mengenai perawatan Katak Pacman.

Baca juga: Mengenal Pacman, si Katak Besar

Dalam perawatan Katak Pacman, hal yang paling utama dan harus dilakukan oleh si pemilik dalam merawat Katak Pacman adalah, mengganti air setiap harinya. “Perawatan untuk Katak Pacman itu yang penting harus ganti air, setiap hari,” katanya.

Karena Katak Pacman dapat hidup di darat dan di air, maka air harus diganti setiap harinya. Hal itu dilakukan untuk menjaga kebersihan akuarium Katak Pacman. Selain itu, mengganti air yang sudah kotor, juga dilakukan agar Katak Pacman dapat nyaman berada di akuarium, sehingga dapat berumur panjang.

Walaupun Katak Pacman ini hidup di air, bukan berarti ia selalu berenang ya Sahabat Tani. Air yang dimaksud bukanlah untuk Katak Pacman berenang. Melainkan hanya untuk tempat berendam, Katak suka berendam di dalam air atau berada di sekitar air.

“Pemberian air untuk Katak Pacman sendiri sedikit aja jangan terlalu banyak,” ujarnya.

Tahu tidak Sahabat Tani, bahwa pemberian air yang terlalu banyak pada akuarium dapat menyebabkan kematian pada Katak Pacman. Edward mengatakan “Kalau kasih airnya kebanyakan, nanti si Katak Pacmannya posisinya tidak bisa diam dan akan terus berenang, kalau terus-terusan berenang bakal kecapean akhirnya akan mati,” jelasnya.

Baca juga: Rumah Maine Coon Andalkan kucing Ras Asli

Berbeda dengan Katak Hunter yang berjalan mencari mangsa untuk dijadikan santapannya. Katak Pacman bukanlah Katak Pemburu. Di Alamnya, Katak Pacman hanya berdiam di suatu tempat dan menunggu hewan lain lewat di depannya, barulah ia memakannya.

“Karakter katak pacman ketika berburu dengan berdiam di suatu tempat, menggali tanah terus cuma kepalanya aja yang keluar, terus ada hewan lewat akan langsung disambar. Katak Pacman bukan tipe hunter yang berburu dengan bergerak ke sana sini,” tutupnya.

Related News