• 24 April 2024

Berawal Pameran Hingga Memiliki Toko Tanaman Hias

Bisnis tanaman hias menjadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan, pasalnya tanaman sampai saat ini masih diminati masyarakat. Meskipun zamannya selalu berubah-ubah namun tidak membuat bisnis tanaman hias menurun.

Seperti Liza Puteri, wanita berusia 21 tahun melanjutkan bisnis tanaman miliki keluarga dengan nama Bumi Flora 80 yang berlokasi di Jl. Maulana Hasanudin No.80, Cipondoh, Tangerang, Banten.

“Awalnya itu Bapak sama Ibu Hobi tanaman dari 2007, awalnya cuma beli tanaman saja, terus mencoba ngebibit sendiri akhirnya jadi banyak, dulunya juga kita hanya sering ikut pameran flora yang biasa diadakan di Senayan atau di Lapangan banteng, lama kelamaan buka toko kecil-kecilan disini dan sampai sekarang alhamdulillah” ujar Liza saat ditemui tim Jagadtani

Baca Juga : Sukses Ekspor Tanaman Hias Bermodal 500ribuan

Menjalani usaha tanaman hias milik keluarga tidak selalu berjalan mulus, pastinya ada pasang surutnya. Untuk saat ini penjualan masih stabil meskipun tidak sebanyak seperti saat pandemi terjadi. Ada beberapa koleksi tanaman hias dan juga bunga seperti aglonema, monstera, tanaman gantung, pohon mint, pohon tomat, dan masih banyak lagi.

Harga tanaman juga sangat terjangkau mulai dari Rp. 5000 hingga jutaan rupiah. Penjualannya pun sudah hingga luar pulau sepereti Sumatera dan Kalimantan. Usaha Liza terus berkembang dan saat ini tanaman gantung menjadi favorit di Bumi Flora ini.

“Tanaman gantung itu banyak banget peminatnya, soalnya dia kan gampang perawatannya, hanya disiram seminggu sekali aja cukup dan tanamanya pun bermacam-macam, apalagi kita disini kan bikin tanaman gantung itu sesuai permintaan pelanggan, mau di tanam tanaman apa, disini juga kita ada tanaman sutera Bombay yang bunganya itu mekar dipagi hari aja.” Ucap Liza

Dari awalnya hanya membeli tanaman saja dan membibitkan sendiri kini sukses membuka usaha tanaman hias dengan omzet mencapai Rp. 60juta perbulan.

Baca Juga : Berawal Hobi Sukses di Tanaman Hias 

Selain menjual tanaman hias, Bumi Flora ini juga menjual berbagai macam perlengkapan dan kebutuhan yang dibutuhkan untuk menanam, seperti pupuk, media tanam, pot hingga peralatan menanam. Meskipun menjalankan usaha milik orang tua namun tidak menjadi beban bagi Liza dalam menjalaninya.

 

Related News