• 23 April 2024

Mengisi Masa Pensiun Dengan Bertani

Bagi sebagian orang setelah dirinya menjalani masa kerja yang panjang hingga masa pensiun datang, memilih untuk menjalani hari tua dirumah saja dengan bersanda gurau Bersama anak, cucu, dan keluarga. Namun, ada sebagian lain yang mengisi masa tuanya dengan mengisi kegiatan seperti Bertani.

Pensiun sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) bukan menjadi akhir dari tugas sebagai manusia untuk selalu berkembang dan bermanfaat bagi orang banyak, melainkan hanya melepas tugas dan tanggung jawab dalam mengabdi terhadap negara. Sementara secara pribadi masih menginginkan berkegiatan untuk menghabiskan masa tua.

Baca juga : Berawal Pameran Hingga Memiliki Toko Tanaman Hias

Salah satunya dengan bertani, seperti Sayuti seorang guru sekolah dasar yang kini memilih bertani tanaman hias di rooftop rumahnya dengan nama Omsay.Plants.

“Kenapa saya lari ke tanaman hias, supaya saya bisa maju dan berkembang. Pensiun saya juga bisa punya kegiatan di bidang pertanian.”Ucap Sayuti saat di wawancarai tim Jagadtani

Sayuti mengenal dunia pertanian sejak tahun 80-an karena memang suka dengan tanaman hingga kini memiliki bisnis kecil-kecilan tanaman hias di rumah. “Memang dari tahun 80-an saya kenal tanaman hias, lalu suka pertama itu saya beli tanaman krokot memang pada zaman itu krokot lagi banyak di cari, setelah itu nambah seperti bunga aster. Setelah itu sempat berhenti beberapa tahun, nah mulai pandemi tidak ada kegiatan karena sekolah online jadinya saya balik lagi mengurusi tanaman-tanaman yang ada dirumah. Apalagi pas pandemi janda bolong lagi ramai kan, saya jadinya tertarik lagi dan akhirnya sedikit-sedikit tanaman yang saya punya saya jual, saya pasarin di media social dibantu anak saya, ada juga di ecommece. Ya alhamdillah lancar tanaman saya kejual” ucap Sayuti.

Baca juga : Sukses Ekspor Tanaman Hias Bermodal 500ribuan

Usaha memang tidak akan menghianati hasil. Sayuti terus membuktikan bahwa ia bisa menjadi petani tanaman hias yang sukses meskipun sudah tidak muda lagi, yang terpenting niat, usaha, dan tetap terus belajar.

“karena segala sesuatu kalau kita mau bisa ya harus belajar, ilmu yang dipunya kalau tidak dikembangkan itu tidak bisa bertnambah dan hanya disimpan saja, karena kan ilmu itu luas. Jadi meskipun sudah tidak muda lagi harus tetap belajar, untuk mendapatkan kesuksessan yang akan mendatang.” Tutup Sayuti

 

Related News