• 24 April 2024

Raup Puluhan Juta Dari Bisnis Tanaman Anggrek

Berbeda dengan jenis tanaman yang lainnya, Anggrek Bulan sudah memiliki peminatnya sendiri. Dengan harga yang relatif stabil, tanaman anggrek menjadi salah satu usaha yang bisa Sahabat Tani pilih untuk memulai usaha di masa transisi pandemi seperti ini. Pasalnya bunga anggrek menjadi primadona tanaman hias terbaik di Indonesia

Muji salah satu pelaku usaha yang memiliki toko tanaman anggrek dengan nama “Rose’s Orchid” berlokasi di Jl. Graha Raya Bintaro no.44 C Pondok Kacang Barat, Tangerang Selatan. Sebelumnya ia memiliki usaha dibidang restoran, dan kini beralih menjadi toko tanaman hias.

“sebenarnya kita buka resto awalnya di bandara soeta tapi karena pandemi jadi tidak stabil lagi, kebetulan juga sebelum pandemi istri saya lagi hobi mengkoleksi tanaman anggrek terutama anggrek spesies. Nah dari situ akhirnya kita buka saja toko tanaman hias ini”ujar Muji saat di temui di Rose’s Orchid

Baca juga : Simbar Menjangan Jadi Andalan Blooming Nursery

Dari banyaknya jenis anggrek yang ada, muji menyediakan beberapa jenis diantaranya seperti anggrek spesies, anggrek hybrid seperti anggrek bulan, maupun anggrek vanda yang perawatannya sangat mudah hanya cukup di gantung saja tanpa media tanam apapun.

Untuk perawatan anggrek bulan bisa dibilang cukup mudah namun harus memiliki rasa sabar ekstra, karena memang perawatannya sampai mengeluarkan bunga cukup lama.

“kalau perawatan anggrek itu susah-susah gampang si ya, karena ada beberapa jenis anggrek seperti anggrek bulan ini tidak boleh langsung kena matahari, karena kan dia memang rawan bisa membuat bunganya kering. Yang terpenting itu sih sabar, tapi kalau mau juga lebih cepat berbunga biasanya kita menggunakan POC (Pupuk Organik Cair) itu kita buatnya dari air cucian beras, dan kulit pisang yang di endapkan selama 24 jam, nanti disaring lalu dicampurkan dengan air cucian beras tadi, baru siap dipakai. Itu bisa membantu cepat berbunga dan bagus untuk tanaman itu sendiri.” Ujar Muji

Baca juga : Penangkar Bibit Tanaman Buah Sistem Tabulampot

Muji mengungkapkan bahwa omzet yang ia dapatkan sebulan yang kini belum masuk satu tahun penjualan ia bisa mendapatkan puluhan juta dari penjualan anggrek tersebut. Dengan harga yang jauh lebih stabil maka bisa mendapatkan hasil yang cukup bagus.

Prosepek usaha anggrek di Graha ini memang cukup menjanjikan. Maka dari itu sudah tidak heran lagi apabila para pemain tanaman hias sampai bahkan kolektor-kolektor meliriknya.

 

 

Related News