• 6 December 2022

Cara Membedakan Channa Maruliodes

Tergolong ikan predator dengan karakter warna dan corak, membuat ikan channa memiliki tempat tersendiri bagi penghobi ikan hias. Saat ini, cukup banyak jenis ikan Channa yang mulai dipelihara, salah satunya Channa Maruliodes. Jenis ikan channa  yang berasal dari perairan Indonesia.


Secara karakter, Channa Maruliodes berbeda pada bagian kepala atau snakehead dibandingkan jenis lainnya. Ikan Channa jenis Maruliodes sebagai ikan asli Indonesia dengan penyebaran berada di daerah Kalimantan, Kepulauan Sumatera dan Riau. Dari setiap daerah, ikan Channa yang ditemui memiliki karakter berbeda dari model corak hingga warnanya.

Baca juga: Surga Ikan Channa di Depok


Sebelum mengetahui cara membedakan, berikut jenis - jenis ikan Channa Maruliodes:


Channa Maruliodes Red Sampit : Sesuai namanya, Channa Red Sampit berasalh dari sungai Sampit di Kalimantan Tengah. Untuk warna, Channa Red Sampit berwarna merah cenderung ke orange. Dan terkadang warnanya dapat orange pekat.


Channa Maruliodes Sentarum: ikan Channa jenis Maruliodes Sentarum dapat di temui di danau Sentarum - Kalimantan Barat. Untuk jenis ini tersedia dua jenis sesuai warnanya yaitu Channa Red Sentarum dan Channa Yellow Sentarum.


Channa Maruliodes Barito: sesuai namanya, ikan Channa ini berasal dari sungai Barito - Kalimantan Tengah. Jenis Maruliodes Barito tersedia dalam pilihan warna hijau dan merah. Untuk Channa Maruliodes green barito cenderung berwarna lebih gelap dibanding Channa Maruliodes Kal-tara.


Channa Maruliodes Red Pangkalan Bun: Channa yang berasal dari Sungai Arut, Kabupaten Waringin Barat - Kalimantan Tengah memiliki kesamaan pada corak dengan Channa Maruliodes Sampit. Namun secara warna, Channa Maru Red Pangkalan Bun lebih cerah.


Channa Maruliodes Seruyan : dengan habitat berada di Sungai Seruyan - KalimantanTengah, Channa Seruyan berharga lebih tinggi karena tingkat populasi yang minim dan sulit di tangkap. Untuk warna, Channa Maruliodes Seruyan dapat dibedakan pada bar yang lebih sedikit dan warna merah lebih merata pada bagian tubuhnya.


Channa Riau: sesuai namanya, ikan Channa ini berasal dari daerah Riau.


Channa Jambi: Ciri dari Channa yang berasal dari Jambi - Sumatera adalah warna kuning dengan sedikit kehijauan. Untuk penanda lainnya corak berwarna putih yang berada di sirip dan bar yang nyaris tidak ada menjadi pembedanya.


Channa Maruliodes Red Kapuas: berasal dari sungai Kapuas - Kalimatan Barat.


Untuk warna, ikan channa yang masih muda akan sedikit sulit dalam membedakan warnanya. Biayanya warna dapat dilihat dalam usia hingga cara perawatan.

Sedangkan untuk membedakan dari setiap jenis Channa Maruliodes adalah corak atau bar-nya..
Jumlah bar pada badan ikan Channa dapat mengetahui asal daerah ikan tersebut. Jumlat bar dari channa Sentarum lebih dari 8 buah, sedangkan untuk channa kapuas tidak lebih dari 6 bar.

Baca juga: Trik Atasi Channa Limbata tak mojok di tempat baru


Saat ini, Ikan channa maru masih tergolong sulit untuk dibudidaya. Namun belum tergolong ikan yang dilindungi oleh pemerintah sehingga kemungkinan akan punah dapat terjadi. 

Hal ini disebabkan ikan Channa Maruliodes yang dipelihara merupakan hasil tangkapan di alam liar. Semoga Sahabat Tani dapat melestarikan dan membudidayakan Ikan Channa Maruliodes.

Related News