• 28 February 2024

Sukses Kembangkan Bibit Peng-Anggur an

Bukan pengangguran tanpa karya yang tim Jagad Tani ceritakan, tetapi Sahabat Tani yang sukses dalam bertani buah Anggur. Padahal buah Anggur bukan buah asli dari Indonesia, tetapi justru dari Ukraina, Jepang, Amerika Serikat dan negara lainnya. Dan Tarmizi Taher menjadi petani yang sukses mengembangkan buah anggur dirumahnya.

Dengan mengelola lahan di depan rumahnya yang berada di daerah Limo – Depok, Tarmizi Taher lebih fokus pada penyiapan bibit buah Anggur. Sistem yang digunakan dalam menyiapkan bibit pohon anggur atau pembiakan melalui teknik grafting. Melalui grafting, dua batang pohon anggur dijadikan satu agar mendapatkan bibit unggul.

Baca juga : Memetik buah anggur di Angola Garden

Tambahan informasi, dari 700 ribu varietas buah anggur di seluruh dunia, hanya sekitar lima ratus jenis yang baru masuk di Indonesia. Banyaknya varietas anggur tentu berkat ilmuwan daan petani yang berusaha meng kawin-silang kan.

Sementara untuk varietas yang tergolong cocok di iklim Indonesia, khususnya bagi mereka yang ingin menanam buah anggur adalah Jupiter, Ninel, Akademik Avidzba dan beberapa jenis lainnya. “Sebenarnya karakter iklim di Indonesia sangat cocok untuk menanam buah Anggur, bukan stigma yang mengatakan udara harus dingin untuk menanam pohon anggur.”

Saat ini, memang Tarmizi Taher yang memasarkan melalui Bibit Anggur Nursery hanya fokus pada penyediaan bibit anggur saja. Sedangkan untuk pohon anggur yang tertanam di depan rumahnya sebagai contoh pertumbuhan bibitnya.

Baca juga: Jatuh cinta berkat warna cantik Anggrek

“Selain menyediakan bibit buah anggur, saya juga menyediakan jasa sebagai perawat pohon anggur. Lokasi juga tidak hanya di Jabodetabek, saya juga pernah mendapatkan konsumen dari Bandung yang ingin pohon anggurnya dapat dirawat.” Ungkap Tarmizi pada tim Jagadtani.com

Bagaimana, Sahabat Tani mulai ingin mencoba menanam pohon anggur?

Related News