• 6 October 2022

Konsisten Tanaman Hias Premium Kunci Keberhasilannya

“Berawal dari hobi masa kecil hingga menjadi sebuah bisnis keluarga dari SK garden.”

 

Berbeda dari wanita muda pada umumnya, Friesia Sutjiati Widjaja memilih menjalankan bisnis keluarga melalui SK Garden yang menyajikan berbagai macam jenis tanaman hias yang berkualitas.

Wanita tiga bersaudara ini menjalankan bisnisnya masing-masing di bidang tanaman. Walaupun sebelumnya ia bekerja di bidang perfilman. Namun, dari banyaknya aktifitas yang dilakukan sehingga mengakibatkan terkena serangan jantung ringan, maka setelah itu ia memilih untuk kembali pada tanaman hias.

Baca juga : Kebun Rizki Andalkan Sistem Tanam Organik

Friesia menekuni tanaman hias mulai sejak kecil, dari hanya ikut orang tua pergi ke pameran tanaman, liburan keluarga membuat tanaman hias makin melekat di dalam dirinya. Di awali pada 2012 ia ikut Bersama orang tuanya ke sebuah proyek dan mulai mempelajari tanaman hias hingga landscaping.

“Memang awalnya sudah familiar banget ya sama tanaman, sampai kalau pergi keluarga juga kita gamenya main tebak-tebakan tanaman, mulai dari hanya sebagai manager ngurusin proyek sampai akhirnya megang sendiri. Mulai dari jual-jual tanaman, landscaping, ada juga wedding decoration pokoknya yang masih berhubungan sama tanaman.” Ujar Friesia saat ditemui tim Jagadtani

Berkecimpung di dalam dunia tanaman hias tidak selamanya selalu diatas, dengan mengikuti tren jenis tanaman friesia dapat bertahan sampai saat ini. Meskipun banyak para penjual tanaman hias lainnya yang SK garden memiliki keunggulan tersendiri.

“Perbedaannya yang aku terapkan mulai dari ngebrandingnya, jadi kalau aku kenalin dulu tanamannya, bagus untuk indoor atau outdoor, butuh cahaya matahari yang banyak atau tidak, dan untuk menaikan penampilan dari model pot hingga media tanamnya yang juga menggunakan jenis premium. Jadi kualitas tanaman yang kita tanam ini hasilnya juga bakal premium, lebih bagus lebih besar, dan tidak cepat mati.” Ujar Friesia

Baca juga : Memetik Buah Anggur Di Anggola Garden

Jadi bagi sahabat Tani yang ingin memulai bisnis tanaman dan mau memulai mengoleksi tanaman harus memiliki satu kunci untuk terus bertahan dan tidak hilang begitu cepat.

“Menurut aku satu kuncinya, yaitu konsisten karena kalau kitanya tidak konsisten pastinya bakal ada hukum rimba. Meskipun dilihatnya selalu happy, tapi kadang kita juga fluktuatif banget yang mungkin kemarin ga laku, bisa kita jual lagi kedepannya. Jadi mau lagi sepi, lagi rame, bete, galau, jualan is jualan. Mau bisnis apapun pasti ada susahnya. Jadi kalau kamu sudah bisa ngerawat tanaman jalanin aja, kalau dijual tapi tanaman ga laku, rawat aja dulu. Sebenarnya bisnis tanaman itu sangat oke buat beginner loh, memang tidak selalu diambil manisnya aja, yang penting bertahan aja dulu karena kita gak akan pernah tau besok seperti apa.” Tutup friesia

 

 

 

Related News