• 21 July 2024

Cara Bikin Telur Asin Rendam dan Kukus

Banyak yang mengira kalau telur asin berasal dari telur ayam. Faktanya ternyata telur asin itu merupakan telur bebek loh Sahabat Tani. Memiliki rasa yang gurih dan tentunya asin seperti namanya. Namun tidak hanya rasanya saja yang membuat banyak orang suka, manfaat dan kandungan gizi yang ada pada telur asin juga baik untuk kesehatan. Seperti 9 gram protein, 9,6 gram lemak, Vitamin A & B , 2,7 ml Zat besi, 165 ml kalium, dan 1,08 gram karbohidrat.

Sama halnya seperti jenis ayam, bebek juga memiliki beberapa jenis yaitu bebek pedaging dan juga bebek petelur. Muhammad Bashoir pemilik Faedah Farm memanfaatkan telur bebeknya menjadi olahan telur asin yang berlokasi di Depok.

Ia memberikan cara pemeliharaan bebek hingga bertelur hingga diolah menjadi sebuah telur asin yang gurih dan nikmat.

“biasanya bebek itu siap bertelur di usia enam bulan, kitab isa mengkawinkan atau bisa juga tanpa harus dikawinkan bebeknya, tapi harus menggunakan sentrat. Sentrat itu seperti pakan khusus yang digunakan untuk merangsang bebek agar cepat bertelur. Biasanya saya kasih setrat 140 nah nanti bebek itu bertelur satu ekor satu telur saja setiap harinya.” Ujar Bashoir

Baca juga : Obat Alami Atasi Bebek Lumpuh 

Pakan yang digunakan Bashoir tidak hannya pakan sentrat saja, namun juga ada pakan pendukung lainnya. Biasanya bebek miliknya dibiarkan keluar sebentar dari kendang untuk mencari makan sendiri dan mandi pada tempat yang sudah disediakan airnya. Kemudian kembali ke kendang sore hari untuk diberikan pakan pokok.

Dari pakan diluar itu lah yang juga bisa meminimalis pengeluaraan dan menjadi salah satu keuntungannya selain dari telur yang di jual belikan. Setiap harinya Bashoir bisa mengumpulkan ratusan bahkan hingga ribuan butir telur bebek, yang nantinya telur itu akan diolah menjadi telur asin atau langsung di jual kepada masyarakat yang membutuhkan telur mentahnya.

Baca juga : Ds Entok's Farm Bukan Sekedar Penyuplai Daging

Kali ini Bashoir membagikan cara pengolahan telur bebek menjadi telur asin.

“untuk membuat telur asin itu, setelah kita ambil terlurnya lalu dibersihkan terlebih dahulu, lalu dipindahkan dan disimpan di tempat yang sudah berisi air larutan garam. Biasanya saya menggunakan ember ukuran cat gitu, lalu dilarutin garam tiga kilogram. Setelah disimpan di air garam lalu kita diamkan selama 15 hari. Diberi tanggal supaya tidak lupa, setelah 15 hari, bisa langsung kita masak dengan cara dikukus, menggunakan api dari kayu bakar ya supaya aroma wangi dari telur asin tersebut keluar, dan kenapa dikukus ? supaya lebih awet dan lebih kering. Jadi lebih nikmat untuk disantap langsung maupun dengan lauk lainnya.” Ucap Bashoir

Related News