• 6 December 2022

Selain Untuk Diet, Ini Manfaat Asam Jawa

uploads/news/2022/09/selain-untuk-diet-ini-35299c1c456a054.jpg

Asam Jawa (Tamarindus Indicas) sebagai salah satu rempah yang sering digunakan rempah masakan, merupakan jenis buah dengan rasa asam. Selain digunakan campuran masakan, Asam Jawa juga kerap menjadi campuran obat-obatan herbal maupun minuman herbal (jamu) dan lainnya. Tentunya berkat kandungan yang terdapat pada Asam Jawa.

Buah asam jawa yang juga tergolong tumbuhan polong-polongan karena memang buahnya mirip kacang polong. Serat dan rendah lemak yang mengandung asam jawa dinilai dapat mengurangi berat badan atau cocok sebagai diet. Kandungan serat asam jawa terdiri dari flavonoid dan polifenol sehingga mampu meningkatkan metabolisme untuk menurunkan berat badan.

Baca juga: Manfaat Limbah Jerami Padi Untuk Bikin Kertas 

Serat tersebut dapat menekan rasa lapar sehingga mampu mengurangi keinginan untuk terus makan. Kandungan lain yang terdapat pada asam jawa demi semakin meningkatkan fungsi sebagai obat diet adalah zat hidroksisitrat untuk mengurangi nafsu makan dan menghambat enzim amilase. Enzim dapat mengubah karbohidrat menjadi lemak.

Sedangkan fungsi lain dari pohon asam jawa untuk dapat menjaga Kesehatan gigi melalui rendaman daunnya. Daun asam mengandung etanol dan klorin yang dapat membunuh bakteri Streptococcus dan Lactobacillus sebagai penyebab gigi berlubang.

Asam Jawa juga mengandung protein larut dan asam amino yang sangat bagus untuk pencernaan sehingga bagus dalam mengatasi diare. Sementara kandungan kalium pada asam jawa dapat mengurangi mereka mudah mual bagi ibu hamil maupun mabuk kendaraan.

Manfaat lain dari Asam Jawa dapat mencegah diabetes melalui enzin alfa-amilese. Enzim ini dapat membuat tubuh mengurangi penyerapan karbohidrat, seperti yang Sahabat Tani ketahui bahwa karbohidrat dapat meningkatkan kadar glukosa dan insulin sebagai penyebab utama diabetes.

Dan kelebihan lain dalam mengatasi diabetes adalah kandungan magnesium yang berperan untuk organ tubuh termasuk antidiabetes.

Kelebihan lain dari Asam Jawa adalah fitokimia dan beta-karoten yang mampu mengurangi pertumbuhan sel kanker. Tentunya kandungan ini sangat baik menjadi solusi dalam menghindari penyakit kanker.

Secara kandungan keseluruhan, segelas Asam Jawa mengandung Kalori 143, Protein 2 gram, Lemak 0 gram, Serat 2 gram, Karbohidrat 38 gram, Gula 34 gram, Vitamin B1 (tiamin), Vitamin B3 (Niacin), Potassium, Magnesium dan Zat besi Fosfor.

Baca juga: Macan Tutul Gunung Lawu Tertangkap Kamera

Selain berbagai nutrisi yang terkandung pada buah Asam Jawa, batang pohon juga memiliki manfaat besar. Batang kayu yang berwarna merah kecoklatan dengan tekstur halus memiliki kekuatan yang dapat bertahan lama. Berbagai produk dapat dihasilkan meliputi furniture, kerajinan berupa patung dan ukiran. Sedangkan biji buah asam juga dapat dimanfaatkan sebagai permainan congklak atau dakon.

Namun saat ini, tidak banyak pohon buah asam jawa yang masih bertahan. Terlebih ada anggapan bahwa pohon asam menjadi tempat kesukaan makhluk astral. Bagaimana dengan daerah Sahabat Tani, apakah masih banyak pohon Asam Jawa?

 

 

Related News