• 24 April 2024

Harga Sapi Kurban Terbaru 2023

"Harga sapi kurban 2023 mulai membaik dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini mengingat pembatasan pengiriman sapi kurban yang disebabkan Penyakit Mulut dan Kuku telah dapat ditangani. Perbedaan harga pada beberapa daerah tidak terlalu berbeda sehingga pembeli harus jeli dalam memilih."

 

Jagadtani - Menjelang hari raya Idul Adha yang membutuhkan hewan kurban, dipastikan permintaan khususnya sapi dan kambing maupun domba. Untuk artikel ini, tim jagad Tani akan membahas tentang harga sapi kurban untuk di daerah sekitar Jabodetabek. 

Ternak Sapi Lebih Menguntungkan DIbandingkan Ngantor"Harga Sapi Kurban 2023"
 
Harga sapi kurban 2023 berkisar mulai dari Rp 65 ribu hingga Rp 77 ribu untuk per kilogram nya. Harga tersebut tentu tergantung dengan jenis dari setiap sapi dengan rincian sebagai berikut:

Untuk sapi jenis Frisian Holstein dengan bobot di atas 300 kilogram berkisar Rp 65 ribu per kilogram sehingga untuk ukuran termurah dihargai Rp 19,5 juta. 

Baca juga: Jual Sapi Kurban Hanya 15 jutaan, Keuntungan Untuk Pesantren

Sapi bali maupun kupang memiliki kesamaan harga setiap kilogramnya, yakni Rp 72 ribu untuk berat lebih 200 kg. Dengan nilai per kilogram, sapi Bali maupun kupang akan dihargai mulai dari Rp 14,4 juta.

Harga sapi kurban 2023 jenis Simental, Limosin dan Vegon hampir memiliki kesamaan untuk berat lebih dari 400 kilogram. Untuk harga per kilogram mencapai Rp 70 ribu atau dengan kata lain harga termurah berkisar Rp 28 juta. Harganya tentu akan lebih lagi hingga ratusan juta seiring berat sapi tersebut.

Sedangkan sapi Madura memiliki harga yang sedikit lebih tinggi, yakni Rp 77 ribu dengan minimal berat 300 kilogram.

Baca juga: Harga Kambing kurban Terbaru 2023

Menurut Marno - pedagang hewan kurban musiman asal Jawa Tengah, harga sapi mungkin akan naik menjelang hari raya Idul Adha. "Membeli hewan kurban saat ini akan lebih murah dibandingkan H -7, akan banyak pilihan hewan kurban karena tahun ini telah bebas dari penyakit mulut dan kuku."

Untuk harga sapi kurban 2023, tergantung berat setiap ekornya. Bagi peternak yang handal, perkiraan berat yang dikatakan memang tidak terlalu berbeda tetapi agar lebih yakin usahakan Sahabat Tani dapat mengetahui berat secara benar. Bukan sekedar perkiraan dari para peternak. 

Baca juga: Prabowo Beli Sapi Kurban Seberat satu ton

Sahabat tani harus mengetahui batas usia untuk sapi yang dapat disembelih pada hari raya Idul Adha, yakni 22 bulan atau dua tahun kurang dua bulan.

Namun sebelum Sahabat Tani membeli untuk kurban pastikan telah dilengkapi surat sehat dari dinas hewan terkait. Dan pastikan juga jaminan kesehatan maupun perawatan sebelum dilaksanakan penyembelihan. 

Related News