• 24 June 2024

Kabar Gembira Konservasi Elang Jawa di TNGP

uploads/news/2023/09/kabar-gembira-konservasi-elang-560641e342c755f.jpg

Konservasi terhadap Elang Jawa di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGP) memberikan kabar gembira dengan menetasnya seekor anak burung, pada Sabtu (02/09).

Dengan menetas secara alami seekor anak burung Elang Jawa (Nisaetus bartelsi) di kawasan Resort PTN Wilayah Cimande Bidang PTN Wilayah III Bogor, tentu membuktikan konservasi mulai berjalan lancar. 

Namun tentunya demi memastikan konservasi berjalan, pihak Balai Besar TNGP harus melakukan pemantauan secara berkala.

Deteksi kelahiran Elang Jawa baru ini berawal dari perjumpaan sarang yang teridentifikasi aktif. Tim monitoring dari Balai Besar TNGGP kemudian melakukan pemantauan rutin terhadap sarang tersebut. Lalu, pada Minggu, 27 Agustus 2023, terpantau induk Elang Jawa tersebut sudah bertelur dan berada dalam fase pengeraman.

Sepekan kemudian, tepatnya pada Sabtu, 2 September 2023, telur yang dierami menetas. Berdasarkan hasil pemantauan, terdapat satu anak Elang Jawa yang berhasil menetas. 

Kelahiran satwa Elang Jawa menjadi kabar yang menggembirakan dan menjadi asa baru bagi dunia konservasi, terutama Elang Jawa.

Elang Jawa ini merupakan simbol satwa nasional Indonesia yang ditetapkan dengan Keputusan Presiden RI Nomor 4 Tahun 1993. Elang Jawa saat ini berstatus dilindungi karena populasi dan sebarannya yang terbatas.

Berdasarkan Red List Data Book IUCN, satwa ini berstatus sejak tahun 2016. Dari kelahiran Elang Jawa baru ini, terbit lagi secercah harapan untuk terus menjaga kelangsungan hidup dan populasinya di alam.

Elang Jawa sebagai satwa predator berperan penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem. Data dan informasi keberadaan Elang Jawa di TNGGP ini penting untuk mendukung upaya pelestariannya.

Sejauh ini, gangguan yang paling mengancam bagi Elang Jawa adalah perusakan habitat serta minat perburuan yang tinggi. Balai Besar TNGGP terus berupaya melakukan pelestarian Elang Jawa melalui berbagai tindakan, salah satunya melalui kegiatan inventarisasi dan pemantauan sarang secara rutin setiap tahun.

Kawasan Resort PTN Wilayah Cimande secara biofisik menjadi habitat potensial bagi Elang Jawa. Sebagian dari wilayahnya merupakan hutan alam dataran rendah yang merupakan area berburu yang ideal bagi Elang Jawa. 

“Melindungi Elang Jawa, Melindungi Ekosistem Hutan Kita”

Related News