• 15 April 2024

Bisnis Susu Sapi Murni Yang Sangat Menjanjikan

"Bisnis susu sapi murni masih sangat menjanjikan, tidak hanya untuk dikonsumsi secara langsung tetapi juga dapat dijadikan bahan baku utama dalam pembuatan minuman kekinian. Pelanggan dari Naura Fresh Milk datang dri berbagai wilayah di daerah Jabodetabek karena mengincar kualitas dari susu sapi murni."

Jagadtani - Susu sapi murni memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga banyak pelanggan memilih dibandingkan dengan susu instan. Banyaknya peminat membuat, Lisawati Anggraeni mendirikan Naura Fresh Milk untuk memenuhi permintaan akan susu sapi murni di daerah Jabodetabek, khususnya daerah Bogor. 

Untuk susu sapi murni yang diperoleh dari peternakan milik kelompok peternak sapi yang berada di Tajurhalang - Bogor. Kebetulan sang suami, Untung Suherman merupakan salah satu peternak dalam kelompok tersebut. Tentunya hasil dari penjualan dapat menjadi 

"Saya memang fokus pemeliharaan sapi, sedang untuk penjualan susu sapinya diserahkan ke istri. Seluruh sapi perah dari kelompok kami, penjualannya melalui istri saya. Bisa dikatakan untuk urusan bisnis, saya serahkan ke istri, termasuk dalam pengolahan yang disesuaikan pesanan." ungkap Untung Suherman.

Baca juga : Berawal seekor, kini jadi juragan sapi perah

Dari hasil kunjungan tim Jagadtani ke peternakan sapi perah milik Untung Suherman, diketahui harga susu sapi murni yang belum terolah dibanderol Rp10 ribu. Sedangkan untuk harga yang telah diolah atau dimasak, Naura Fresh Milk menawarkan senilai Rp12 ribu. Harga tersebut kemungkinan dapat berubah yang bergantung dengan berbagai kondisi.

Memerah susu sapi murni "Memerah susu sapi murni "
 
"Harga susu sapi yang langsung jual ke pelanggang lebih bagus dibandingkan harga yang ditawarkan oleh koperasi. Tetapi tetap sebagian hasil dari peternakan juga dikirimkan ke koperasi karena kami merupakan bagian anggota dari koperasi tersebut." Lanjut Untung pada tim Jagadtani.com .

Saat ini, Naura Fresh Milk dapat mensuplai lebih dari 130 liter susu sapi murni untuk setiap harinya dari seluruh sapi yang terdapat di kandang sapi milik kelompok peternak sapi perah Tonjong, Tajurhalang - Bogor. "Dengan populasi sekitar 60 ekor yang didominasi sapi perah dapat menghasilkan susu hingga 130 liter, susu ini diperoleh dari hasil peras pada pagi dan sore. Pelanggan yang membeli, saat ini didominasi oleh para pelaku usaha minuman kekinian maupun penjual. Biasanya para pelanggan Naura Fresh Milk akan mengambil sendiri susu pesanan mereka, walau ada juga yang mengandalkan bantuan jasa pengiriman." ujar Lisawati Anggraeni.

Baca juga: Biogas Solusi dalam mengatasi kotoran hewan

Stok susu sapi murni di Naura Fresh Milk selalu habis setiap harinya sehingga dapat dipastikan susu yang tersedia sangat fresh. Bahkan terkadang Lisawati harus menjatahi pembelian agar seluruh konsumennya mendapatkan bagian. 

Lisawati Anggraeni pemilik Naura Fresh Milk "Lisawati Anggraeni pemilik Naura Fresh Milk "
 
"Keunggulan susu sapi yang ditawarkan oleh Naura Fresh Milk tidak hanya murni dan sangat segar, tetapi juga berkat kualitas yang terjaga. Hal tersebut dibuktikan oleh salah satu pelanggan yang memproduksi keju, berkat susu dari Naura Fres Milk maka kualitas dan kuantitas keju meningkat." tutur Lisawati Anggraeni.

Harapan dengan terjaganya kualitas dari Naura Fresh Milk, Lisawati menginginkan agar konsumsi susu sapi makin meningkat sehingga masyarakat semakin sehat. 

 

 

Related News