• 5 May 2024

Tips Sukses Mengendalikan Hama Mina Padi

uploads/news/2021/11/cara-mengendalikan-hama-mina-276712dbb56a668.png

“Antisipasinya, biasanya petani membuat jaring di sepanjang pagar keliling. Tujuannya untuk meminimalisir serangan hama musang dan serangan burung. Biasanya jaring-jaring dipasang ketika mendekati musim panen”

Sejatinya hama merupakan masalah penting yang harus dihadapi oleh petani. Pemberian pestisida merupakan salah satu pilihan untuk mengurangi perusakan tanaman oleh hama, namun kelebihan bahan kimia dapat berdampak lebih buruk lagi. Bukan saja untuk tanaman padi, kita yang menjadikan beras sebagai bahan pokok makanan harus sadar akan bahaya jangka panjang penggunaan pestisida. Lantas bagaimana para petani menghadapi masalah hama ini?

Masyarakat di Dusun Samberembe, Desa Candibinangun, Kecamatan Pakem, Sleman-Yogyakarta menerapkan sistem mina padi di desanya. Karena dengan adanya mina padi, persilangan antara pertanian dan peternakan ikan air tawar bisa menjadi salah satu jalan untuk mengurangi terjadinya perusakan tanaman padi oleh hama tikus. Alih-alih mengurangi hama, para petani juga bisa lebih mengoptimalkan lahan dan menambah penghasilan dari budidaya ikan tanpa mengurangi hasil panen padi.

“Kalau hama, biasanya padi konvensional itu kan sering di serang tikus. Nah dengan konsep mina padi ini tikus jarang bisa masuk karena tikus takut dengan air,” ungkap Ricky, ketua Kampung Wisata Mina Padi Samberembe, Sleman, Yogyakarta.

Baca juga: Raih Keuntungan Lebih dengan Mina Padi

Dengan sistem mina padi ini selain mengoptimalkan lahan ternyata perawatannya pun lebih mudah, karena petani tidak perlu membersihkan padi dari gulma lagi. “Seperti misalkan dulu orang biasanya kan matun (potong rumput), ngarit membersihkan rumput-rumput liar gitu kan. Sekarang tidak perlu lagi,” ujar pria berusia 35 tahun itu.

Kata Ricky, kurang lebih sebanyak 40 persen budidaya ikan yang ditempatkan ke dalam lahan penanaman padi, bisa membantu petani untuk membersihkan benih-benih gulma yang biasanya menghambat pertumbuhan padi.

Namun Sahabat Tani harus tetap waspada, karena dengan adanya pengoptimalan lahan pertanian dengan pembudidayaan ikan ternyata mengundang hama baru setelah mina padi berjalan beberapa minggu, yaitu hama musang.

Ikan-ikan yang ada di budidaya dimakan dan tak jarang juga musang merusak tanaman padi muda. Maka inilah tantangan yang memang pasti dihadapi oleh petani, adanya penambahan komoditas ikan di lahan pertanian yang awalnya bertujuan untuk mengurangi hama padi malah mengundang hama baru, baik itu untuk ikan maupun tanaman padi itu sendiri.

Baca juga: Memanjakan Mata di Kampung Mina Padi

Mata rantai di dalam ekosistem akan terus berputar, para petani perlu memaksimalkan hasil alam dengan berbagai inovasi baru tanpa perlu merusak lingkungan. Untuk itu Ricky mengungkap pengendalian hama yang dilakukan oleh para petani di Kampung Mina Padi Samberembe adalah dengan menerapkan pemasangan jaring di skeliling lahan mina padi guna untuk mengurangi terjadinya kerugian yang disebabkan oleh hama.

“Antisipasinya, biasanya petani membuat jaring di sepanjang pagar keliling. Tujuannya untuk meminimalisir serangan hama musang dan serangan burung. Biasanya jaring-jaring dipasang ketika mendekati musim panen,” pungkasnya.

Dengan begitu petani dapat meminimalisir pencurian ikan oleh musang dan serangan burung yang menyerang padi. Cukup sekali saja penggunaan pestisida padi-padi milik kampung wisata mina padi bisa menjadi produk padi unggulan pada saat musim panen.

Baca juga: Inovasi Menguntungkan Mina Padi

Related News