• 20 July 2024

Tips Memilih Bibit Day Old Duck

“Kalau untuk mendapatkan DOD atau bibit bebek yang berkualitas, pastikan membeli bibit dari pembibit yang sudah memenuhi kesesuaian Standar Nasional Indonesia (SNI) dari Lembaga Sertifikasi Produk Benih dan Bibit Ternak”

Kebutuhan akan protein hewani semakin meningkat. Masyarakat banyak memburu daging hewani untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Salah satu daging hewani yang diincar adalah daging bebek. Tentunya masyarakat akan memilih daging bebek yang berkualitas untuk menyempurnakan kebutuhan protein tersebut.

Daging bebek atau itik merupakan jenis ternak unggas yang dikenal sebagai salah satu penghasil protein hewani terbaik karena itik betina dapat menghasilkan telur untuk konsumsi pertahun mencapai kurang lebih 200 butir per ekor. Selain menghasilkan telur, itik betina juga menghasilkan daging tentunya daging dengan protein yang tinggi. Untuk itu, penting bagi para peternak menyediakan daging bebek yang berkualitas. Hal ini didasari oleh cara pemilihan bibit itik atau biasa disebut Day Old Duck (DOD).

Baca juga: Kotoran Bebek Bisa Membawa Untung

Muhammad Syaugi, peternak bebek asal Tangerang memberikan tips khusus kepada Jagad Tani mengenai pemilihan bibit DOD yang berkualitas. “Kalau untuk mendapatkan DOD atau bibit bebek yang berkualitas, pastikan membeli bibit dari pembibit yang sudah memenuhi kesesuaian Standar Nasional Indonesia (SNI) dari Lembaga Sertifikasi Produk Benih dan Bibit Ternak,” ucap pria yang akrab dipanggil Syaugi itu.

Baca juga: Bebek Hibrida, Bebek Paling Cepat Panen

Lebih lanjut, pemilik dari Indonesia Urban Poultry ini mengaku memiliki banyak pelanggan tetap baik dari pelanggan skala rumahan maupun resto dan rumah makan yang sudah besar. Bapak dua anak ini juga menjelaskan, tips berikutnya untuk mendapatkan bibit DOD yang berkualitas, sebelum membeli bibit pastikan Sahabat Tani telah mengetahui cara perawatan dari peternak yang akan dibeli.

“Pastikan kita membeli bibit dari orang yang terpecaya. Kita tahu pakan apa yang diberikan untuk bebeknya, kemudian bagaimana kondisi kandangnya, cara perawatannya, dan lain-lain,” ujarnya saat ditemui di kandang bebek miliknya di Pamulang Timur, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten.

Selain itu, kata Syaugi, yang paling penting Sahabat Tani perlu memastikan bibit itik yang akan dibeli tidak memiliki cacat fisik. “Selanjutnya penting untuk memperhatikan fisik DOD nya, apakah ada kecacatan fisik, ciri-ciri fisiknya sesuai atau tidak. Pastikan DOD lincah, sehat, bulunya tidak kusam, warna paruhnya cerah atau tidak pucat, dan bentuk kakinya normal,” tutupnya.

Baca juga: Tips Kandang Bebek Bebas Bau

Baca juga: Rahasia Penjualan Bebek Laris Manis

Related News