• 21 July 2024

Ini Suhu Ruang Ideal untuk Kelinci

“Bulunya akan rontok banyak sekali kalau suhu ruangannya tidak dingin. Bahkan bisa juga rentan terkena penyakit”

Merawat kelinci tidak hanya sekedar memberikan makan dan minum hewan berkaki empat ini saja, melainkan harus memperhatikan suhu udara tempat kelinci berada. Sebab, kelinci sangat rentan terhadap perubahan temperature.

Temperature atau suhu udara sangat mempengaruhi proses metabolisme tubuh kelinci. Kelinci akan banyak makan atau sedikit makan dipengaruhi oleh suhu lingkungan. Ketika suhu lingkungan tidak nyaman dengan tubuh kelinci, maka kelinci jadi tidak nafsu makan. Sebaliknya, jika suhu ruangan dingin, kelinci akan cenderung memakan banyak makanan untuk mempertahankan suhu tubuhnya.

Baca juga: Jenis-Jenis Kelinci Paling Populer Dipelihara

Pehobi kelinci di Tangerang, Vania, kerap mengatur pendingin ruangan yang berisi kelinci-kelincinya pada suhu 16?. Katanya, suhu yang tepat akan menjaga kualitas bulu dan merangsang nafsu makan kelinci. Jika suhu terlalu panas dan tidak stabil bisa merangsang gangguan kesehatan seperti penyakit kulit dan bisa mempengaruhi pernapasannya sehingga kelinci mudah sakit.

“Bulunya akan rontok banyak sekali kalau suhu ruangannya tidak dingin. Bahkan bisa juga rentan terkena penyakit. Punyaku beberapa sempat rontok sekali bulunya karena suhunya tidak dingin, jadi memang harus ditempatkan pada suhu ruang yang dingin” ungkap Vania kepada Jagad Tani.

Baca juga: 4 Fakta Unik Kelinci

Untuk temperatur ideal bagi kelinci, Sahabat Tani bisa set ruangan kelinci pada kisaran 60 – 65°F atau sama dengan 15.5 – 18.3°C. Suhu tersebut untuk menjaga kesehatan tubuh kelinci dan diketahui sebagai temperature “comfort zone” nya. Kelinci lebih tahan pada cekaman suhu dingin jika dibandingkan dengan suhu panas.

Kemudian, jika suhu panas kelinci juga akan mudah stres. Suhu udara yang panas menyebabkan kelinci banyak mengonsumsi air dan mengurangi kegiatan makan sehingga produktivitas kelinci berkurang. Selain stres karena suhu ruang yang panas, jika suhu ruang berubah-ubah kelinci bisa terkena gangguan pencernaan. Enteritis salah satu penyakit pencernaan yang sering terjadi pada kelinci anakan.

“Jadi disarankan untuk pakai pendingin ruangan atau AC kalau memang pelihara kelinci seperti jenis netherland dwarf, Holland lop, rex dan lainnya,” tutupnya.

Baca juga: Kiat Sukses Budidaya Kelinci Lokal

Baca juga: Tips Pakan Kelinci Berkualitas

Related News