• 15 April 2024

Cara Basmi Penyakit Udang Hias Redbee

“Sebenarnya, sejenis Caridina redbee atau blackbee kalau terkena penyakit itu nggak ada obatnya. Namun, bisa diatasi dengan beberapa cara dan kasih nutrisi seperti sayuran”

Jika Sahabat Tani penghobi aquascape, pasti sudah tidak asing lagi dengan udang hias redbee. Udang hias ini dikenal sebagai jenis udang dengan corak warna yang indah dan juga unik. Dengan keindahan yang dimiliki oleh udang ini tak heran jika banyak pecinta ikan hias yang memeliharanya.

Selain redbee, ada juga udang hias blackbee. “Antara red bee dan black bee sebenarnya keduanya satu jenis. Namanya jenis Caridina. Bedanya hanya dari coraknya saja, kalau red bee merah dan putih kalau black bee hitam dan putih. Dalam segi postur fisik keduanya juga sama,” ujar Riyadul Hakim, salah satu peternak udang hias redbee di Gunung Bunder I, Bogor, Jawa Barat.

Baca juga: Kiat Sukses Budidaya Udang Redbee

Sama seperti makhluk hidup lainnya, udang hias ini juga bisa terkena penyakit. Agar keindahan udang redbee selalu memukau, Sahabat Tani tentu harus selalu menjaga kesehatan udang hias red bee. “Paling rentannya itu berjamur di bagian perutnya. Penyebabnya biasanya karena air kurang mengalir,” ujar pria berusia 23 tahun itu.

Meski bisa terkena penyakit dan bisa merugikan para peternak, pria yang akrab dipanggil Riyad ini membeberkan beberapa tips yang bisa Sahabat Tani coba agar terhindar dari penyakit.

“Sebenarnya, sejenis Caridina redbee atau blackbee kalau terkena penyakit itu nggak ada obatnya. Namun, bisa diatasi dengan beberapa cara dan kasih nutrisi seperti sayuran,” jelas Riyad.

Baca juga: Mengintip Cuan Peternak Udang Redbee

Beberapa tips yang bisa Sahabat Tani coba yaitu dengan memastikan kualitas air yang digunakan. Katanya, redbee memang membutuhkan air bersih yang mengalir agar terhindar dari penyakit jamur. Jika sudah terlanjur terkena penyakit, segera pisahkan udang yang terkena jamur di tempat yang berbeda.

“Mudah untuk mengatasi penyakitnya. Udang yang terkena jamur tersebut diletakkan di bak yang berisi air mengalir selama kurang lebih 3 hari. Nanti akan hilang dan sehat kembali,” tutupnya.

Baca juga: Sejarah Redbee Udang Hias Terlaris

Baca juga: Ini Pakan Tepat Udang Redbee

Related News