• 13 June 2024

Ini Cara Mengetahui Durian yang Bagus

“Selain itu, durian manis akan memiliki aroma yang harum, sedangkan durian manis pahit akan beraroma harum dan sedikit sangit”

Siapa yang tidak kenal dengan si Raja Buah yang memiliki duri tajam dan aroma yang unik ? Pasti Sahabat Tani bisa tebak. Yap benar, durian. Durian yang memiliki nama latin Durio Zibethinus ini, termasuk kedalam keluarga Bombaceae dan merupakan tumbuhan tropis yang berasal dari Asia Tenggara.  Sebelum membeli, Sahabat Tani harus mengetahui terlebih dahulu, apakah Durian tersebut memiliki kualitas baik atau tidak.

Arip, pedagang Durian di Poris Indah, Tangerang, Banten memberikan beberapa tips untuk Sahabat Tani dalam memilih durian dengan kualitas yang bagus. Pertama, durian akan menghasilkan suara cenderung berat ketika diketuk menggunakan pisau. Perlu diperhatikan, jika saat diketuk suara durian seperti berongga, maka durian tersebut sudah tidak segar.

Baca juga: Panen Raya, Saatnya Mulai Berburu Durian

“Selain itu, durian manis akan memiliki aroma yang harum, sedangkan durian manis pahit akan beraroma harum dan sedikit sangit,” ucapnya kepada Jagad Tani. Waktu yang cocok untuk menanam buah Durian adalah pada musim Kemarau. Agar bibit yang ditanam terhindar dari hama ataupun penyakit. Untuk masa panen Durian yaitu, 7 bulan setelah masa berbunga. Masa panen Durian tidak bisa dipastikan, karena setiap daerah memiliki cuaca yang berbeda-beda.

"Kalau untuk musim Durian tergantung dari masa panennya, karena setiap daerah memiliki masa panen yang berbeda-beda," imbuhnya. Karena Durian merupakan tanaman tropis maka, untuk penanamannya harus dilakukan di lahan seperti gunung atau hutan. Arip biasa mengambil Durian dari daerah-daerah tertentu seperti Medan, Bali, Palembang, Bengkulu, dan Padang. "Durian yang biasa saya ambil berasal dari daerah-daerah seperti Medan, Bali, Palembang, Bengkulu, dan Padang," ujar Arip.

Baca juga: Fakta Makan Durian Saat Hamil

Durian memiliki banyak sekali jenisnya, seperti Durian Montong, lokal Medan, lokal Bali, musang king dan masih banyak lagi. Durian yang paling banyak digemari adalah Durian yang memiliki rasa manis dan manis pahit seperti musang king asal Malaysia. "Durian yang paling banyak diminati yaitu, durian yang memiliki rasa manis dan manis pahit, kebanyakan pembeli akan datang setelah hujan selesai turun karena Durian dapat menghatkan tubuh," kata Arip.

Baca juga: Jalan Panjang Menanam Durian

Related News