• 19 April 2024

Solusi Menghilangkan Amonia di Kandang Layer

“Walaupun kotoran ayamnya itu jatuh ke kubangan air dibawahnya, saat matahari sedang terik, air di bawahnya akan menguap. Dan kalau sudah menguap, tentu bisa akan terhirup oleh si ayamnya. Kalau sudah terhirup, bisa mengganggu pernapasan ayam”

Bau amonia sering menjadi permasalahan yang cukup merugikan bagi peternak ayam layer. Kadar amonia yang tinggi dalam kandang bisa menyebabkan penurunan produksi atau bahkan meningkatkan resiko angka kematian ayam karena amonia ini mengganggu pernapasan ayam.

Lalu, bagaimana peternak ayam layer mengatasi permasalahan ini?

Untuk itu, Herdadi pemilik dari peternakan ayam layer Cisadane Pradana Farm, membagikan rahasia untuk menghilangkan bau amonia yang yang timbul di kandang ayam layer khususnya kandang terbuka dengan tipe baterai seperti kandang miliknya.

“Walaupun kotoran ayamnya itu jatuh ke kubangan air dibawahnya, saat matahari sedang terik, air di bawahnya akan menguap. Dan kalau sudah menguap, tentu bisa akan terhirup oleh si ayamnya. Kalau sudah terhirup, bisa mengganggu pernapasan ayam,” kata Herdadi kepada Jagad Tani saat ditemui di peternakannya di Kampung Parung Jambu, RT.03 RW.12, Semplak, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Jawa Barat.

Baca juga: Pria Ini Sukses Beternak Ayam Petelur

Kata Herdadi, jika pernapasan ayam terganggu, produksi telur yang dihasilkan ayam juga bisa terganggu. Solusi yang ia lakukan pada kandang ayam miliknya adalah dengan memberikan kipas angin.

“Kipas angin ini untuk menepis bau-bau amonia. Sehingga, bau-bau tersebut bisa hilang dari kandang. Sebenarnya, jika Sahabat Tani punya dana yang lebih, lebih bagus bangun tipe yang tertutup dan menghilangkan bau amonia bisa menggunakan AC. Tapi kalau tipe yang kadang terbuka seperti ini, pakai kipas bisa berguna,” jelas bapak anak satu itu.

Baca juga: Rahasia Agar Ayam Tetap Sehat

Lebih lanjut, alumnus Universitas Soedirman itu menambahkan, penggunaan kandang tipe baterai diatas kali bisa lebih meminimalisir bau amonia karena kotoran di kandang baterai akan langsung jatuh ke bawah air sehingga akan mengurangi bau amonia secara langsung pada ayam. Beda dengan Sahabat Tani yang menggunakan kandang tipe postal.

“Jadi kandang diatas air ini juga sebetulnya juga sudah efektif menghilangkan bau amonia di kandang ayam layer. Nah, penggunaan kipas angin tadi jadi semakin menghilangkan bau amonia. Bau kandang pun juga tidak akan menyengat,” tutupnya.

Baca juga: Memilih Telur yang Sehat Untuk Kue Natal

Baca juga: Fakta Penting dari Ayam Petelur

Related News