• 27 April 2024

Pecah, Harga Telur Meroket Tajam

“Terhitung sejak satu pekan terakhir ini, peternak ayam dan pedagang telur sedang tersenyum karena harga telur sedang naik drastis sekali”

Dalam sepekan terakhir, harga telur meroket tajam. Harga telur di peternak ayam dan di pasaran sudah mengalami kenaikan. Kata Herdadi, peternak ayam di Semplak, Bogor, harga telur menembus angka Rp 27.000 per kilogram bahkan per hari ini menyentuh hingga Rp 32.000 per kilogram. Kata Herdadi, harga ini masih terus berubah-ubah mengikuti permintaan pasar.

“Terhitung sejak satu pekan terakhir ini, peternak ayam dan pedagang telur sedang tersenyum karena harga telur sedang naik drastis sekali,” ungkap Herdadi kepada Jagad Tani saat ditemui Kamis (23/12).

Saat Jagad Tani mengunjungi peternakannya, terlihat Herdadi tengah sibuk menerima belasan telepon dari banyak pembeli. “Ini banyak sekali yang telfon untuk meminta dikirimkan telur sampai ber ton-ton,” katanya.

Baca juga: Memilih Telur Sehat untuk Kue Natal

Menurut Herdadi, lonjakan ini terjadi karena banyaknya permintaan telur untuk memenuhi kebutuhan bansos yang akan berlangsung menjelang akhir tahun. "Lalu bisa jadi karena jelang Natal dan akhir tahun juga. Tapi kebanyakan memang banyak permintaan untuk memenuhi bansos," imbuhnya.

Banyaknya permintaan telur ini membuat Herdadi kewalahan dan tidak sedikit yang ia tolak untuk menyanggupi permintaan konsumen. “Beberapa ada yang saya alihkan ke peternak ayam yang masih memasok telur karena memang sudah habis stok telur yang saya punya karena begitu banyak permintaan yang masuk,” ucapnya.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Mesin Penetas Telur

Meski harga telur tengah meroket, namun angin segar di penghujung akhir tahun ini tidak akan membuat peternak tersenyum lama, sebab harga pakan ayam juga ikut naik. “Kami nggak bisa tersenyum lama, karena ujung-ujungnya pasti harga pakan ayam juga ikut naik,” ujar Herdadi.

Baca juga: Pria Ini Sukses Beternak Ayam Petelur

Related News