• 3 May 2024

Menyantap Babi Panggang di Hari Natal

uploads/news/2021/12/menyantap-babi-panggang-di-31315570463b483.jpeg

"Setelah ibadah Natal di gereja, biasanya kami menunggu tamu di rumah atau bertamu ke rumah kerabat gereja, setelah itu barulah kami ramai-ramai kami makan babi panggang”

Hari Raya Natal sudah didepan mata. Bagi mereka yang merayakan Natal sudah mulai menyiapkan banyak hal untuk malam Natal bersama dengan keluarga, teman, dan orang tersayang. Mereka sudah mulai mendekorasi rumah dengan bernuansa Natal seperti menghias Pohon Natal, menyiapkan kado, dan hidangan Natal.

Tidak lengkap rasanya jika berkumpul di hari Raya Natal tidak menyantap hidangan Natal. Menyantap hidangan Natal adalah hal yang paling ditunggu-tunggu dalam perayaan Natal bersama dengan orang yang tersayang. Hidangan Natal dari setiap daerah berbeda-beda, kali ini kita akan bahas hidangan Natal Toraja yaitu, babi panggang.

Baca juga: Memilih Telur Sehat untuk Kue Natal

Di Toraja untuk merayakan Natal mereka menghidangkan menu babi panggang untuk disantap bersama keluarga. Biasanya setelah Ibadah dari gereja, mereka menunggu keluarga, teman, dan sanak saudara berdatangan, atau berdatang ke rumah kerabat lainnya, setelah itu barulah mereka menyantap Hidangan Natal babi panggang yang disediakan oleh tuan rumah.

"Setelah ibadah Natal di gereja, biasanya kami menunggu tamu di rumah atau bertamu ke rumah kerabat gereja, setelah itu barulah kami ramai-ramai kami makan babi panggang," kata Natalia Wijayanti wanita keturan Suku Toraja.

Baca juga: Tradisi Pohon Cemara Meriahkan Perayaan Natal

Babi panggang selalu menjadi hidangan yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Toraja. Karena babi panggang mempunyai cita rasa yang lembut, gurih, dan pastinya sedap.

"Kalau untuk rasa dari Babi panggang sudah jelas pasti enak, lembut, dan tekstur kulit babi yang krispi itu, selalu menjadi incaran," ujar Natalia.

Natalia Wijaya juga membagikan resep membuat Babi Guling, sebagai referensi hidangan Natal untuk Sahabat Tani. "Untuk resep sebenarnya sangat mudah dan simple. Sebelum dimasak, babi di bumbui dengan minyak dan kecap diatas panggangan, lalu di panggang sampai berwarna kecokelatan,” jelas Natalia.

Babi panggang lebih nikmat karena dipadupadankan dengan sambal khas Toraja, yaitu sambal hijau toraja. Natalia juga menjelaskan cara memakan babi panggang yaitu sebelum dimakan daging babi dipotong-potong terlebih dahulu, lalu dimakan bersama dengan sambal hijau khas toraja dan juga nasi hangat.

Baca juga: Tips Memilih Pohon Natal yang Bagus

Baca juga: Arti Simbol Rusa pada Hari Natal

 

Related News